Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas 7D SMP Negeri 5 Tarakan Pada Materi Bilangan Bulat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas 7D SMP Negeri 5 Tarakan Pada Materi Bilangan Bulat

Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas 7D SMP Negeri 5 Tarakan Pada Materi Bilangan Bulat

Pengarang : Anita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan paling penting pada bidang Pendidikan Matematika dan diharapkan dimiliki oleh setiap siswa. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperlukan tahapan dalam mendeskripsikan kemampuan siswa pada saat memecahkan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan di kelas 7D SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tugas, observasi, analisis dokumen dan melakukan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana (2014). Temuan penelitian ini dikelompokkan pada dua kategori: kemampuan pemecahan masalah matematis; dan pengalaman menyelesaikan masalah/soal pada saat pembelajaran. Pada penelitian ini partisipan menyelesaikan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan tahapan seperti yang digagas oleh Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Akan tetapi, tahapan memeriksa kembali tidak dilakukan dengan benar oleh partisipan. Partisipan hanya melakukan pemeriksaan kembali pada bagian perhitungan. Pada saat mendapatkan tugas atau masalah, partisipan biasanya membuka catatan, bertanya teman dan bertanya guru. Akan tetapi, ada partisipan yang langsung bertanya guru saat mendapatkan tugas atau masalah saat pembelajaran.

Kata Kunci: Bilangan Bulat, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pemecahan Masalah Matematis

The ability to solve mathematical problems is one of the most important abilities in the field of mathematics education and is expected to be possessed by every student. In order to know the students ability to solve mathematical problems, it is necessary to describe the students abilities when solving mathematical problems. This research aimed to explore the mathematical problem solving ability of junior high school student on integers. This research was conducted in class 7D of SMP Negeri 5 Tarakan. This research use a qualitative approach with a case studi type. Data collection was done by giving task, observation, document analysis and conducting interviews. The analysis technique used was the qualitative analysis model of Miles, Huberman and Saldana (2014). The findings of this research we’re group info to categories: mathematical, problem-solving, ability, and experience solving problems/issues during learning. In this research, the participants solve mathematical problems by using the stage us suggested by Polya, namely understanding the problem, formulating a plan, implementing the plan and rechecking. However, there is taking stage was not done correctly by the participants. Participants only re-examined the calculation section. When getting a task or problem, participants usually open notes, ask friends and ask teacher. However, there were participants, who directly ask the teacher when they get a task or a problem during learning. Keywords: Integers, Mathematical, Problem Solving Ability, Mathematical Problem Solving

Detail Informasi