Analisis Pengaruh Kecepatan Dan Beban Terhadap Panas Yang Dihasilkan Oleh Komponen Elektrik Sepeda Motor Listrik Konversi | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pengaruh Kecepatan Dan Beban Terhadap Panas Yang Dihasilkan Oleh Komponen Elektrik Sepeda Motor Listrik Konversi

Analisis Pengaruh Kecepatan Dan Beban Terhadap Panas Yang Dihasilkan Oleh Komponen Elektrik Sepeda Motor Listrik Konversi

Pengarang : Kiswandi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kendaraan listrik merupakan kendaraan yang berpenggerak motor listrik sehingga menjadi ramah lingkungan dan dapat mengatasi masalah kelangkaan bahan bakar minyak. Pada kendaran listrik terdapat tiga komponen utama yakni baterai, kontroler dan motor listrik, dimana ketiga komponen ini memiliki rentang temperatur kerja pada saat beroperasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kecepatan dan beban terhadap panas yang dihasilkan baterai, kontroler, dan motor listrik pada proses pengkonversian sepeda motor bakar menjadi kendaraan listrik. Baterai yang digunakan jenis Lithium-Ion 72V, kontroler jenis Juken 10 EV dan motor listrik jenis BLDC 2 kW. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengujian dengan memvariasikan kecepatan dan beban. Hasilnya menunjukkan bahwa kecepatan dan beban mempengaruhi kenaikan temperatur sehingga masing-masing komponen terjadi perubahan nilai kalor. Kalor tertinggi yang dihasilkan oleh komponen baterai dan motor listrik terjadi pada beban 113 kg dan kecepatan 40 km/jam, dimana nilai kalor baterai adalah 14.128 Joule dan motor listrik 34.437 Joule. sedangkan untuk kontroler tidak mengalami perubahan nilai kalor karena adanya sistem pendingin pada kontroler.

Kata kunci: Baterai, Kalor, Kendaraan Listrik, Kontroler, Motor BLDC

Electric vehicles become environmentally friendly and can overcome the problem of scarcity of fuel oil. In electric vehicles, there are three main components, namely batteries, controllers and electric motors, where these three components have a working temperature range when operating. The research aimed to determine the effect of speed and load on the heat generated by the battery, controller, and electric motor in the process of converting a combustion motorbike into an electric vehicle The battery used a 72V Lithium-lon type, Juken 10 EV type controller and 2 kW BLDC type electric motor. This research was conducted using a test method by varying the speed and load. The results showed that the speed and load affect the temperature rise, so each component changes the calorific value. The highest heat generated by the battery and electric motor components occurs at a load of 113 kg. and a speed of 40 km/h, where the calorific value of the battery is 14,128 joules and the electric motor was 34,437 joules. The controller did not change in calorific value due to the cooling system in the controller. Keywords: Battery, Calorific, Electric Vehicle, Controller, BLDC Motor

Detail Informasi