Studi Deskriptif Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Deskriptif Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Tarakan

Studi Deskriptif Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Prenal Billy Yorman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat belajar pada siswa, selain itu penelitian ini juga bertujuan mengembangkan gaya belajar yang efektif dan efisien untuk mengetahui efektifitas penunjang pembelajaran terhadap siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan gambaran minat belajar siswa dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer menggunakan 1 orang siswa sebagai sumber informan yang memberikan informasi yang lugas dan sumber data sekunder dengan menggunakan 2 orang sumber yaitu guru BK dan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dalam mendapatkan informasi dan dokumentasi dalam menguatkan data penelitian.Hasil penelitian menemukan bahwa gambaran minat belajar siswa SMP Negeri 7 Tarakan digambarkan melalui hasil wawancara siswa dengan memberikan pendapat menarik mengenai preferensi model belajar dan kesulitan siswa dalam belajar. Pilihan terhadap model belajar visual dan kinestetik menjadi pilihan terbaik bagi siswa dalam melakukan proses belajar. Kemudian, peneliti juga menemukan fakta bahwa seorang guru mampu meningkatkan keterampilan dalam mengajar dan meciptakan suasana belajar yang menarik sehingga menciptakan metode belajar yang baik. Kata

Kunci: Minat Belajar, Gaya Belajar

This research aims to determine the description of students’ learning interests and develop an effective and efficient learning style to determine the effectiveness of supporting learning for students. The method used a descriptive qualitative approach to describe a profile of students’ learning interests using primary and secondary data sources. The primary data sources uses 1 student as an informant sources who provides straight forwards information and the secondary data source uses 2 sources that is the guidance counseling teacher and the homeroom teacher. Data collection techniques use interviews to obtain information and documentation to strengthen research data. The research results found that the description of students’ learning interests at SMPN 7 Tarakan was described through student interviews by providing interesting opinions regarding learning model preferences and students’ difficulties in learning. The option of visual and kinesthetic learning models is the best choice for students in the learning process. Then, researchers also discovered the fact that a teacher is able to improve skills in teaching and create an interesting learning atmosphere that creates a good learning method. Keywords: Learning Interest, Learning Style

Detail Informasi