
Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas V Di SDN 037 Tarakan
Pengarang : Indy Yulinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan Upaya guru dalam pembentukan kembali karakter disiplin siswa kelas V Di SDN 037 Tarakan yang telah menurun pada pembelajaran Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembentukan karakter disiplin siswa yang tampak di SDN 037 Tarakan dengan beberapa bentuk upaya guru yaitu : 1) Upaya guru sebagai pendidik dan pengajar. Dengan membentuk kebiasaan baru untuk siswa dengan menanamkan, mengingatkan dan mengajarkan secara bertahap pada siswa; 2) Upaya guru sebagai model dan teladan, memberi contoh baik pada siswa yaitu tentang disiplin waktu, berpakaian serta berbicara yaang baik dan sopan ; 3) Upaya guru sebagai motivator, dorongan dan arahan kepada siswa melalui memberikan nasehat baik serta perhatian kepada siswa, memberikan contoh secara langsung; 4) Upaya guru sebagai pembimbing dan evaluator, membimbing dan mampu memahami siswa, membangun komunikasi dengan orang tua. Adapun Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas V yang berasal dari Diri siswa, keluarga dan lingkungan sekitar.
Kata Kunci: Disiplin, Upaya Guru, Pembentukan Karakter
This research was conducted to describe the teacher’s efforts in re-establishing the disciplinary character of grade V students at SDN 037 Tarakan, Which has declined because of COVID-19. This research used descriptive gualitative research. The data sources in this study were primary data and secondary data with informants, namely principals, teachers, and students. The data collection technigues used observation, interviews, and documentation. The researcher used data analysis technigues through the process of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed the formation of student discipline character that appears in SDN 037 Tarakan with several forms of teacher efforts, namely: 1) Teacher’s efforts as educators and teachers. Forming new habits in students by instilling, reminding and teaching gradually to students, 2) Teachers' efforts as models and role models by giving suitable examples to students, such as time discipline, dressing and speaking well and politely, 3) Teachers' efforts as motivators By encouragement and direction to students in the form of good advice, attention to students, and giving direct examples, 4) Teacher efforts as mentors and evaluators. The supporting factors and inhibiting factors in the formation of the disciplinary character of class V students come from the students themselves, family and the surrounding environment. Keywords: Discipline, Character Building, Teacher Efforts