
Efektivitas Layanan Informasi Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XII IIS Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan
Pengarang : Muhammad Jabal Aras - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan informasi dengan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas XII IIS MAN Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Layanan informasi berperan untuk membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi dalam menentukan karir kedepannya, sehingga diperlukan penelitian yang berjudul efektivitas layanan informasi karir dengan teknik diskusi untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas XII IIS di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Sampel yang digunakan sebanyak 30 peserta didik kelas XII IIS MAN Tarakan. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan informasi dengan menggunakan teknik diskusi untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan karir peserta didik meningkat dengan adanya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukannya treatmen yang mana diketahui rata-rata skor perencanaan karir sebelum pelaksanaan layanan informasi dengan teknik diskusi adalah 38,57 dan setelah mengikuti pelaksanaan layanan informasi dengan teknik diskusi meningkat menjadi 82,90. Hasil uji paired sampel test dengan menggunakan program SPSS 16.0, t-hitung 65.429 lebih besar dari pada t-tabel 2.0455 dan nilai sig tailed 0.000 lebih kecil dari nilai tingkat signifikan yaitu 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya layanan informasi dengan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas XII IIS MAN Tarakan.
Kata Kunci: Layanan Informasi, Teknik Diskusi, Perencanaan Karir
This research aimed to determine the effectiveness of information services using discussion techniques in improving the career planning of class XII IIS students at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. The research method used was a quantitative experimental one-group pretest-posttest design. The research subjects were 30 students selected by random sampling. The research instrument used a career planning scale. The data analysis technique used paired sample t-tests with the help of the SPSS application For Windows. The results of this research showed that the t-count value of 65.429 was higher than the t-table value of 2.0455, and the sig-tailed value of 0.000 was smaller than the significance value of 0.05 so it can be concluded that information services using discussion techniques had proven to be effective in improving planning careers of class XII IIS students at the Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Students' career planning increased with an average score of 38.57 before action was taken, and 82.90 after information services were carried out using discussion techniques. Keywords: Information Services, Career Planning, Students, Madrasah Aliyah Negeri Tarakan