
Pengaruh Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 2 Tarakan
Pengarang : Risma Alyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan metakognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2022/2023, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2022/2023, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sumber data penelitian ini adalah dokumentasi penilaian PAS Matematika siswa SMPN 2 Tarakan genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 172 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) angket metakognitif, 2) dokumentasi penilaian PAS Matematika siswa. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis inferensial menggunakan anlisis regresi linear sederhana dan uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Metakognitif pada katagori sangat tinggi sebanyak 11 siswa atau sebesar 6,39%, kategori tinggi sebanyak 32 siswa atau sebesar 18,60%, kategori sedang sebanyak 94 siswa atau sebesar 54,65%, kategori rendah sebanyak 27 siswa atau sebesar 15,70%, dan kategori sangat sebanyak 8 siswa atau sebesar sebesar 4,65%, 2) Hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tarakan. Pada kategori baik sekali sebanyak 5 siswa dengan pesentase 2,90%, kategori baik sebanyak 9 siswa dengan pesentase 5,23%, kategori cukup sebanyak 39 siswa dengan pesentase 22,67%, kategori kurang sebanyak 27 siswa dengan pesentase 15,69%, dan kategori kurang sekali sebanyak 92 siswa dengan presentase 53,48%, 3) Ada pengaruh yang signifikan metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Tarakan. Berdasarkan hasil thitung yaitu 5,596 dimana lebih besar dari ttabel yaitu 1,974 (5,596 > 1,974), dengan tarif signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. dengan persamaan regresi Y = -11.742 + 0,838X dan besar pengaruhnya sebesar 39,4% hasil belajar Matematika dipengaruhi oleh kemampuan metakognitif.
Kata Kunci: Metakognitif dan Hasil Belajar
This research aimed to describe 1) the eighth graders' metacognition at SMP Negeri 2 Tarakan in the 2022/2023 academic year, 2) the eighth graders' mathematics learning achievement at SMP Negeri 2 Tarakan in the 2022/2023 academic year, and 3) determine the influence of metacognition on the eighth graders' mathematics learning achievement at SMP Negeri 2 Tarakan for the 2022/2023 academic year. This research is quantitative research with an ex-post facto type. The data source for this research was documentation (the eighth graders' Mathematics final test Score) at SMPN 2 Tarakan in even semester of the academic year of 2022/2023, about 172 students. The sampling technique was carried out using proportional stratified random sampling. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential analysis using simple linear regression analysis and t-tests. The research results showed that: 1) Metacognitive in the very high category was 11 students or 6.39%, in the high category was 32 students or 18.60%, in the medium category was 94 students or 54.65%, in the low category was 27 students or 15.70%, and the deficient category was eight students or 4.65%, 2) Mathematics learning achievement signified in the excellent category were five students with a percentage of 2.90%, in the good category were nine students with a percentage of 5.23%, in the fair category were 39 students with a percentage of 22.67%, in the poor category were 27 students with a percentage of There was a significant influence of metacognition on the eighth graders' learning achievement at SMPN 2 Tarakan. The t-count was 5.596, more significant than the t-table, 1.974 (5.596> 1.974), with a significant rate of 0.000 < 0.05, Ha is accepted, and the influence is 39.4%. Metacognitive abilities influence mathematics learning outcomes. Keywords: Metacognitive and Learning Outcomes