Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Karya Elymius Limbong | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Karya Elymius Limbong

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerita Karya Elymius Limbong

Pengarang : Kartini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kumpulan cerita karya Elymius Limbong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini ialah kata, kalimat, ungkapan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, sedangkan sumber data dalam penelitian ini ialah buku kumpulan cerita karya Elymius Limbong yang diterbitkan di Ponorogo, pada tahun 2019 oleh penerbit Uwais Inspirasi Indonesia dengan jumlah halaman pada seri pertama 113 halaman, seri kedua 90 halaman. Data diperoleh melalui teknik baca, simak, dan catat. Artinya peneliti membaca teks kumpulan cerita karya Elymius Limbong secara keseluruhan dan mencari data yang menunjukkan nilai pendidikan karakter, kemudian membuat reduksi data. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan cara menyajikan data tersebut kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kumpulan cerita karya Elymius terdapat 10 nilai pendidikan karakter diantaranya yakni; nilai pendidikan karakter religius, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial. Dari 10 nilai pendidikan karakter tersebut, yang paling dominan yakni nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu.

Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Cerita, Sosiologi Sastra.

This research aims to describe the character education values contained in a collection of stories by Elymius Limbong. The method used descriptive gualitative. The data were words, sentences, and expressions that contained character education values. In contrast, the data source in this research was a story collection book by Elymius Limbong, published by Uwais Inspirasi Ponorogo Indonesia in 2019, consisting of 113 pages, and the second series was 90 pages. Data were obtained through reading, listening, and note-taking technigues. The data that has been obtained was then analyzed by presenting the data and then making conclusions. Ihe results showed ten-character education values contained in the collection of stories by Elymius, namely, religious character education values, hard work, creativity, independence, democracy, curiosity, friendly/communicative, peace- loving, environmental care, and social care. The ten-character education values were the value of curiosity and character education.

Detail Informasi