
Peran Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Nanda Vira Marinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Keberadaan Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter bernalar kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Tarakan. Penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek primer pada penelitian ini adalah 1 (satu) guru bimbingan dan konseling, 1 (satu) koordinator profil pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Tarakan dan 1 (satu) peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tarakan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu memakai metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam keabsahan data, peneliti memakai 3 teknik yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Projek Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Tarakan berhasil mengintegrasikan kemampuan bernalar kritis sebagai karakter yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan dimensi bernalar kritis dalam profil pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Tarakan memberikan hasil positif. Siswa berhasil mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis melalui kegiatan P5, seperti berdiskusi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi secara objektif.
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Karakter
The Pancasila Student Profile is the embodiment of Indonesian students as lifelong learners who have global competence and behave in accordance with Pancasila values. The phenomena found in SMA Negeri 1 Tarakan are: students find it difficult to ask questions, less active in discussions, difficult to analyze problems critically, difficult to analyze information from various sources, difficult to find solutions and make decisions as well as express their thoughts and think about views that may be opposing. with his thoughts. A This research aims to examine the role of the Pancasila Student Profile in shaping students' critical thinking abilities at SMA Negeri 1 Tarakan. Using descriptive qualitative research methods, data was collected through interviews, observation and documentation. The research results revealed that the Pancasila Student Profile Project at the school succeeded in integrating critical thinking skills as an integral part of character in accordance with the elements developed in the learning process, where students were able to develop critical and analytical thinking skills through various activities, such as discussing, analyzing , and evaluate information objectively Keywords: Pancasila Student Profile, Character, Critical Reasoning