
Analisis Dan Pengujian Roller Pada Sepeda Motor Beat (110 CC) Yang Menggunakan Penggerak Motor Listrik Tipe BLDC
Pengarang : Sulfahmi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian pada Continuously Variable Transmission (CVT) motor listrik konversi, dilakukan pengujian variasi pada penggunaan roller untuk mendapatkan putaran yang sesuai dengan penggerak motor listrik yang digunakan. Pengujian ini bertujuan mengetahui kecepatan motor listrik dengan penggunaan massa roller 5gr, 7gr, 9gr, 11gr dan penggunaan massa roller kombinasi 9gr dan 7gr dengan jarak 50 meter dan 100 meter serta dapat mengetahui pengunan massa roller yang optimal. Pengujian ini mengunakan metode eksperimen yang dilakukan di laboratorium dan lapangan dengan pengambilan data pada kecepatan waktu tempuh terhadap variasi roller. Hasil dari penelitian ini pada pengujian skala laboratorium mendapatkan hasil pada penggunaan massa roller dapat berfungsi pada penerapan motor konversi motor listrik dan mampu menghasilkan kecepatan hingga 3750 rpm dan mampu menghasilkan gaya sentrifugal namun tidak signifikan. pada pengujian lapangan didapatkan hasil kecepatan dengan jarak 50 meter mendapatkan hasil yang maksimal pada penggunaan masa roller 9 gram mencapai kecepatan 11,74 km/jam dan pada puli dalam keadaan statis mampu mencapai kecepatan 30 km/jam. Pada jarak 100 meter hasil yang maksimal terdapat pada penggunaan massa roller 7 gram mampu menghasilkan kecepatan hingga 11,61 km/jam, dan pada puli dalam keadaan statis mampu mencapai 37,4 km/jam.
Kata kunci: CVT, Jarak, Kecepatan, Pulli, Roller,
Research on Continuously Variable Tranumission (CVT), a variation test was carried out on the use of rollers to get rotations that match the electric motor drive used in the conversion of 1100e heat type combustion motor into an electric motor. This test aimed to determine the speed of electric motor with the use of roller masses of 5gr, 7gr. 9gr, 11gr and the use of roller masses of a combination of 9gr and 7gr with distances of 50 meters and 100 meters and to find out the optimal roller mass smack. This test used the experimental method. This test was carried out by laboratory scale testing and field testing as well as by taking data on the speed of travel time on the use of roller variations. The results of this study on laboratory scale testing get results on the use of roller mass which can function in the application of electric motor conversion motors. In field testing, the speed results with a distance of 50 meters were obtained, getting maximum results in the use of a 9-gram roller period reaching a speed of 11 74 km/h and on pulleys in a static state able to reach speeds of 30 km/h. At a distance of 100 meters, the maximum results were found in the use of a 7 gram roller mass capable of producing speeds of up to 11.61 km/h, and on pulleys in a static state capable of reaching 37.4 km/h Keywords CVT, Roller, Pulley, Spood, Distance