Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Di SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Nurhidayah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui perhatian orang tua dalam hal minat belajar dan hasil pembelajaran, (2) untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 11 tarakan, (3) untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan, (4) untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap hasil pembelajaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan yang berjumlah 81 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas konstruk. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk mengukur perhatian orang tua dan minat belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dan uji prasyarat dilakukan menggunakan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) perhatian orang tua berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori tinggi dengan mean atau rata-rata 72,58, (2) minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori tinggi dengan mean atau rata-rata 72, 93. (2) Hasil pembelajaran siswa berdasarkan tabel frekuensi berada pada kategori kurang dengan mean atau rata-rata 45,00. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap hasil pembelajaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh rhitung lebih besar daripada rtabel (0,439 > 0.22).

Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Hasil pembelajaran

This research aimed to (1) determine of attention of parents in terms of interest in learning and learning outcomes, (2) determine students interest in learning Indonesian in class VIII at SMP Negeri 11 Tarakan, (3) determine the learning outcomes of class students VIII at SMP Negeri 11 Tarakan, (4) determine the releationship between parental attention and student interest in learning on the learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 11 Tarakan. This reaserch was correlation and the research population was class VIII students of SMP Negeri 11 Tarakan, totaling 81 students. The sample selection was carrid out using a saturated sampling technique, and the instrumen validty was carried out using construct validity. Data collection was carried out using a questionaire instrumen to measure parental attention and interest in learning and documentation to collect data on learning outcomes. The data analysis technique used priduct-moment correlation and prerequisite tetst were normality tetst and homogenity tests. Data analysis tecnhices and prerequisite tests were carried out using SPSS version 26.0. the ruselts of the research showed that (1) parental attention based on the frequncy table is in the high category with a mean or average of 72.58, (2) interest in studying for class VIII students at SMP Negeri 11 Tarakan based on the frequency table were in the pore category, with a mean or average of 45.00. There was a posotive and signifikan relationship between parental attention and students interest in learning on the leraning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 11 Tarakan with a significance level of 5% the rcount was greater than the table (0,439>0,22). Keywords: Parental attention, interest in learning, learning outcome

Detail Informasi