
Pengaruh Perlakuan Panas Pada Kekerasan Plat Baja Sebagai Material Dasar Bracket Motor Listrik
Pengarang : Yosef Alexander Koli - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Pada konversi motor bakar ke motor listrik salah satu komponen penting adalah bracket yang berfungsi sebagai dudukan motor listrik BLDC. Bahan bracket umumnya adalah baja karbon, salah satu metode untuk meningkatkan sifat baja karbon dengan perlakuan panas dan pendinginan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan panas pada plat baja terhadap kekerasan dan struktur mikro. Eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini yaitu perlakuan panas dengan variasi media pendingin oli dan udara. Setelah dilakukan eksperimen kemudian dilakukan di uji kekerasan brinell dan uji metalografi pada spesimen. Hasil yang diperoleh dari spesimen non treatment memilki nilai kekerasan yaitu 138 kgf/mm2. Spesimen heat treatment dengan pendingin oli memiliki nilai kekerasan yaitu 168,2 kgf/mm2 dan spesimen heat treatment dengan pendingin udara memiliki nilai kekerasan yaitu 132,2 kgf/mm2. Bisa disimpulkan bahwa nilai kekerasan dilakukan heat treatment dengan pendingin oli paling tertinggi yakni 168.2 kgf/mm2. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan struktur mikro yaitu martensit, dikarenakan adanya efek pendinginan cepat.
Kata kunci: Bracket, Kekerasan, Motor Listrik, Perlakukan Panas, Metalografi
In converting a combustion motor to an electric motor, one of the main components is the bracket which functions as a mount for the BLDC electric motor. The bracket material is generally carbon steel. One method to improve the properties of carbon steel is by heating and cooling. The research aimed to determine the effect of heat treatment on steel plates on hardness and microstructure. The experiment carried out in this research was heat treatment with a type of oil and air-cooling media. After carrying out test, the next step was to carry out Brinell hardness tests and metallographic tests on the specimens. The test results obtained from non-treated specimens had a hardness value of 138 kgf/mm². The heat-treated specimen with oil cooling had a hardness value of 168.2 kgf/mm², and the heat-treated specimen with air cooling had a hardness value of 132.2 kgf/mm². From the test results, it can be concluded that the hardness value of heat treatment with oil cooling obtained the highest value of 168.2 kgf/mm². It was indicated by changes in the microstructure, namely mhttps://repository.ubt.ac.id/admin/modules/bibliography/iframe_doping.php?removesess=6568artensite, due to the rapid cooling effect. Keywords: Bracket, Hardness, Electric Motor, Heat Treatment, Metallography