
Kemampuan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Quantum Writing Pada Kelas XI MA Al-Anshari Nunukan
Pengarang : Nurlela - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan metode pembelajaran quantum writing pada di kelas XI MA Al – Anshari Nunukan periode 2020/2023. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada April 2023. Jenis penelitian yang diterapakan yakni penelitian Tindakan Kelas (PK), yaitu mengarahkan peneliti untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan metode quantum writing. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MA Al-Anshari Nunukan dan waktu pelaksanaan penelitian pada tanggal 21-28 Februari 2023, data hasil penelitian diperoleh melalui hasil tes menulis cerita pendek siswa. Berdasarkan analisis data, dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran quantum writing terhadap pembelajaran menulis cerita pendek terbilang cukup baik karena menunjukkan rata-rata nilai dalam menulis cerpen berada pada kategori B (baik) dengan perolehan nilai 75 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 11 siswa tuntas dengan persentase 61% karena telah mencapai nilai 75 sedangkan belum tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase 39% karena tidak mencapai angka 75.
Kata kunci: Cerita pendek, Metode Quantum Writing, Hasil Belajar
The purpose of this research is to determine students' abilities in writing short stories using quantum writing methods in class XI MA Al-Ashari Nunukan for the 2020/2023 period. This research was conducted in April 2023. The type of research applied was Classroom Action Research (CAR), which directed researchers to determine students' abilities in writing short stories using quantum writing methods. The research subjects were class XI MA Al-Anshari Nunukan and the research implementation time was 21-28 February 2023, the research results were obtained through the results of students' short stories writing tests. Based on data analysis, the implementation of quantum writing methods for writing short stories learning is quite good because it shows that the average score in writing short stories is in category B (good) with a score of 75 with 11 students' classical completeness with a percentage of 61% because they have achieved a score of 75, while, 7 students have not completed it with a percentage of 39% because they did not reach the score of 75. Keywords: Short stories, Quantum Writing Method, Learning Outcomes