Kemampuan Guru Dalam Mengadakan Variasi Mengajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III.B SDN 032 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Guru Dalam Mengadakan Variasi Mengajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III.B SDN 032 Tarakan

Kemampuan Guru Dalam Mengadakan Variasi Mengajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III.B SDN 032 Tarakan

Pengarang : Desi Kristianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik di kelas III.B SDN 032 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada kemampuan guru dalam mengadakan variasi mengajar dengan dimensi variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan alat bantu ajar dan variasi pola interaksi. Adapun sumber data pada penenlitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu guru kelas III.B SDN 032 Tarakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu berupa pedoman observasi keterampilan guru dalam mengadakan variasi mengajar, pedoman wawancara dengan guru dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas III.B SDN 032 Tarakan telah menerapkan ketiga komponen variasi mengajar dalam pembelajaran yang dilakukan yaitu variasi gaya mengajar yang terdiri dari indikator variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan guru, mengadakan kontak pandang, gerakan badan dan mimik, dan variasi perpindahan posisi. Variasi penggunaan media dan alat bantu ajar yang terdiri dari variasi penggunaan media dan alat bantu yang dapat didengar oleh siswa, penggunaan media dan alat bantu yang dapat dilihat oleh siswa, penggunaan media dan alat bantu yang dapat di manipulasi oleh siswa. Variasi pola interaksi yang terdiridari variasi satu arah, interaksi dua arah dan interakasi multi arah.

Kata Kunci: Keterampilan Dasar, Variasi Mengajar

This study aimed to elucidate teachers’ capacity to deliver diverse thematic learning experiences for third-grade students at SDN 032 Tarakan. This study is centred araund a descriptive qualitative researtch approacht that examines the capacity of teachers to employ diverse teaching methods effectively, utilize various learning resources, and engage in different interaction parrerns. The research data sources connsist of primary and secondary data, wherein the informant is the thhird-grade B teacher. The data collection strategies employed in this study encompassed observation, interviews, and documentation. The employed instruments encompassed intructions for asessing teacher competencies in delivering intructional variations, interviews protocols, and ducumentation protocols. The fundamental procedures employed in data analysis encompass the stages of data gathering, reduction, presentation, and conckusion. The findings indicate that the intructor successfully incorporated the three elements of teaching variation into the intructional and learing proedures. These alements encompass the teacher’s vacal expression, level of attentiveness, quiet periods, engagement through eye ontact, physical gestures and facial expressions, and movement variations. Diverse educational media have also been utilized, enabling students to engage in auditory, visual, and interactive learning experiences. Moreover, the observed interaction parrerns encompassed one-way, tho-way, and multy-way interactions. Keywords: Basic Skill, Teaching Variations

Detail Informasi