Pelayanan Publik Terhadap Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelayanan Publik Terhadap Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Tarakan

Pelayanan Publik Terhadap Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Tarakan

Pengarang : Sukmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pelayanan publik perlu ditinjau untuk mengetahui tingkat kepuasan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) untuk mengetahui persepsi wajib pajak terhadap kinerja kualitas pelayanan publik di SAMSAT Kota Tarakan, (ii) untuk mengetahui kepuasan wajib pajak di SAMSAT Kota Tarakan, (iii) untuk mengetahui kinerja pelayanan publik terhadap kepuasan wajib pajak SAMSAT Kota Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SAMSAT Kota Tarakan dengan menggunakan teknik kuota sampling dan 50 sampel menggunakan kuesioner. Dari hasil penelitian ini, (i) terdapat 6 persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik (X) di SAMSAT Kota Tarakan dengan skor rata-rata 70,02%, (ii) terdapat 6 persepsi masyarakat terhadap kepuasan wajib pajak (Y) menjawab puas atas kinerja SAMSAT Kota Tarakan dengan skor rata-rata 68,72%. Data penelitian ini menggunakan skala likert dan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) sebagai alat analisis. Kuadran yang dipertahankan adalah kuadran B dengan atribut persyaratan teknis pelayanan, kepuasan informasi pajak, persyaratan pembayaran, pelayanan informasi pajak, prosedur pelayanan, rekomendasi pajak, mekanisme pelayanan, memberitahu pelayanan, alur pelayanan, kenyamanan pelayanan, dan atribut yang dianggap tidak penting dan harus ditingkatkan adalah kuadran C dengan atribut persyaratan pembayaran, informasi pengambilan berkas, waktu penyelesaian pelayanan, jam operasional, besar biaya/tarif, informasi biaya/tarif, petugas pelayanan, penyelesaian tugas dan atribut yang memiliki tingkat kepentingan rendah atau berlebih adalah kuadran D dengan atribut persyaratan pelayanan, rincian biaya/tarif, ketentuan pelayanan yang ditetapkan, pelayanan dokumentasi, hasil yang maksimal, dan kecakapan petugas pelayanan. Oleh karena itu, SAMSAT Kota Tarakan harus mempertahankan dan meningkatkan kinerja pelayanan. Kepuasan wajib pajak pada pelayanan publik di SAMSAT Kota Tarakan diukur dengan menggunakan perhitungan Indeks Kepuasan Wajib Pajak (IKP) sebesar 73,64% yang menyatakan wajib pajak puas dengan pelayanan pada Kantor SAMSAT Kota Tarakan.


Kata Kunci: Importance Performance Analysis (IPA), Indeks Kepuasan Wajib Pajak (IKP), Kepuasan Wajib Pajak, Pelayanan Publik.

Public services need to be reviewed to determine the level of taxpayer satisfaction the aim of this research were: 1) to determine taxpayers’ perceptions of the quality performance of public services at SAMSAT Tarakan City, 2) to determine taxpayer satisfaction at SAMSAT Tarakan City, 3) to determine the performance of public services at SAMSAT Tarakan City. This reseach was a descriptive study carried out at SAMSAT Tarakan City with 50 samples using a questionnaire. From the research can be obtained: 1) there were 6 public perceptions of public sevices (X) in SAMSAT Tarakan City with an average score of 70.02%, 2) there were 6 public perceptions og taxpayer satisfaction (Y) answered satisfied with the performance of SAMSAT Tarakan City with an average score 68.72%. This research data used a Likerd scale and Importance Performance Analysis (IPA) as analytical tools. The quadrant that was maintained was quadrant B with the attributes of technical service requirements, tas information satisfaction, payment requirement, tas information services, service procedures, tax recommendations, service mechanisms, sevice notification, sevice flow, and service convenience. Attributes that were considered unimportant and must be imporved were quadrant C with the attributes payment requirement, file retrieval information, sevice completion time, operational hours, fee/rate amounts, cots/rate information, sevice personnel, and task completion. Quadrant D with attributes of service requirements, details of costc/tariffs, specified service provisions, documentation services, maximum results, and skills of service personnel. From the results of this research, it can be recommended that SAMSAT Tarakan City must maintain and improved service performance. Taxpayer setisfaction with public service at Tarakan City SAMSAT was meansured using the Taxpayer Satisfaction Index (IKP) calculation with results of 73.64% of taxpayer stating they wew satisfied with services at the Tarakan City SAMSAT Office. Keywords: Importance Performance Analysis (IPA), Taxpayer Satisfaction Index (IKP), Taxpayer Satisfaction, Public Services.

Detail Informasi