
Eksplorasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fungsi Dengan Bantuan Certainty Of Response Index
Pengarang : Ni Made Shinta Restiti Swasti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMP dalam menyelesaikan soal fungsi dengan bantuan Certainty of Response Index (CRI). Adapun penggunakan CRI dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi partisipan yang mengalami miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tiga partisipan yang mengalami miskonsepsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tugas berupa materi fungsi dengan bentuk soal pilihan ganda tingkat tiga (multiple choice three tier), analisis dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan miskonsepsi yang terjadi pada ketiga partisipan, antara lain pemahaman konseptual yang salah (early conceptunder standing), yaitu kesalahan penafsiran konsep pada suatu definisi himpunan pasangan berurutan dan definisi range; Miskonsepsi berdasarkan fakta (factual misconception), yaitu ketidaksesuaian teori dan fakta pada definisi fungsi dan relasi “setengah dari”; Miskonsepsi keyakinan tidak ilmiah (belief is not scientific), yaitu kepercayaan yang salah pada definisi “faktor dari”.
Kata Kunci: Certainty of Response Index, Fungsi, Miskonsepsi
The objective of this research was to investigate the misconceptions the SMP students had when completing function problems using the Certainty of Response Index (CRI). The use of CRI in the research was to identify participants who met misconceptions. This research uses case study research with a qualitative approach. The participants in this study consisted of three participants who had misconceptions. Data collections technique in this study were the assignment of function material in the form of multiple choice three-tier, document analysis, and interviews. The results of this study show the misconceptions that occured in the three participants , including early concept understanding, namely the misinterpretation of concepts in a definition of the set of consecutive pairs and the definition of range; Factual misconception, namely the incompatibality of theory and fact in the definition of function, and the relation "half of"; Misconceptions unscientific belief (belief is not scientific), namely the wrong belief in the definition of "factor of". Keywords: Certainty of Response Index, Function, Misconception