Hubungan Kebiasaan Sarapan Anak Dengan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Di Sekolah SMP Negeri 01 Sebatik | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kebiasaan Sarapan Anak Dengan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Di Sekolah SMP Negeri 01 Sebatik

Hubungan Kebiasaan Sarapan Anak Dengan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Di Sekolah SMP Negeri 01 Sebatik

Pengarang : Norasyidah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kebiasaan sarapan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas, melewatkan sarapan akan berdampak pada aktivitas belajar siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan kebiasaan sarapan anak dengan hasil belajar psikomotorik siswa di sekolah SMP Negeri 01 Sebatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif, populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Sebatik yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah total 55 siswa dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Total Sampling. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengukur kebiasaan sarapan anak, tes untuk mengukur hasil belajar psikomotorik siswa berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan laporan akhir praktikum, observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen pendukung dalam penelitian. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan adanya hubungan antara kebiasaan sarapan anak dengan hasil belajar psikomotorik siswa di sekolah SMP Negeri 01 Sebatik.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Kebiasaan Sarapan, Psikomotorik.

The breakfast habit is an activity done in the morning before activities, skipping breakfast will have an impact on students' learning activities at school. This research aims to find out how children's breakfast habits relate to students' psychomotor learning outcomes at SMPN 01 Sebatik. The method uses a quantitative descriptive method, the population and sample in this research are all students in class VIII of SMPN 01 Sebatik which consists of two classes with a total of 55 students, and the sampling technique is total sampling. The instruments used were questionnaires to measure children's breakfast habits, and tests to measure students' psychomotor learning outcomes with student worksheets, practicum final reports, observations, interviews, and documentation as supporting instruments in the research. Data analysis uses a simple linear regression test. The results show that there is a relationship between children's breakfast habits and students' psychomotor learning outcomes at SMPN 01 Sebatik. Keywords: Children's breakfast habits, students' psychomotor learning outcomes.

Detail Informasi