
Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Tarakan Ditinjau Dari Jenis Kelamin
Pengarang : Vinolia Putri Sarira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan berpikir reflektif meliputi menafsirkan masalah, membuat kesimpulan, menilai, menganalisis, kreatif dan aktifitas metakognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII.2 SMP Negri 3 Tarakan ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa perempuan sudah melakukan semua tahapan indikator dari berpikir reflektif yaitu reacting menyebutkan yang ditanyakan, menyebutkan yang diketahui, menyebutkan hubungan antara yang diketahui dan ditanyakan, lalu comparing mengaitkan soal yang pernah ditanyakan dengan soal yang pernah dihadapi dan contemplanting mendeteksi kesalahan atau memperbaiki jika ada kesalahan dan membuat kesimpulan. sedangkan siswa laki-laki sudah melakukan semua tahapan indikator dari berpikir reflektif yaitu reacting menyebutkan yang ditanyakan, menyebutkan yang diketahui, menyebutkan hubungan antara yang diketahui dan ditanyakan , lalu comparing mengaitkan soal yang pernah ditanyakan dengan soal yang pernah dihadapi dan contemplanting mendeteksi kesalahan atau memperbaiki jika ada kesalahan dan membuat kesimpulan. Namun di sini siswa laki-laki masih ada keraguan saat mendeksripsikan atau menjelaskan kembali jawaban nya. Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII.2 di SMP Negeri 3 Tarakan sudah tergolong baik. Siswa laki-laki dan siswa perempuan mampu memanuhi 3 indikator dari berpikir reflektif. Siswa perempuan disini terlihat lebih mengekspresikan jawabannya melalui wawancara, memberikan penjelasan disetiap jawaban yang diberikan. Berbeda dengan siswa laki-laki yang menjawab sesuai dan seadanya saja, siswa laki-laki kurang memberikan penjelasan yang lebih runtut.
Kata Kunci: Jenis Kelamin, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis
Reflective thinking skills include interpreting problems, drawing conclusions, assessing, analyzing, metacognitive creativity and activities. This study aimed to describe the mathematical reflective thinking ability of students in class VIII.2 at SMP Negeri 3 Tarakan viewed from gender. This research employed a type of qualitative research. The subject selection technique in this study used purposive sampling. In this study, female students carried out all stages of indicators of reclective thinking, namely reacting including mentioning what was asked, mentioning what was known, mentioning the relationship between what was known and asked, then comparing including linking questions that had been asked with problems that had been faced, and contemplanting including detecting errors or correcting existing errors and drawing conclusions. Meanwhile, male students carried out all stages of the indicators of reflective thinking, namely reacting including mentioning what was asked, mentioning what was known, mentioning the relationship between what was known and asked, then comparing such as linking problems that had been asked with problems that was faced, and conteplanting including detecting errors or correcting existing errors and drawing conclusions. However, male students still showed doubts when describing or re-explaining their answers. The mathematical reflective thinking ability of class VIII.2 students at SMP Negeri 3 Tarakan was classified as good. Male students and female students were able to fulfil 3 indicators of reflevtive thinking. Female students were better able to express their answers through interviews, providing explanations for each answer given compared to male students who answered simply and did not provide a more coherent explanation. Keywords: Gender, Mathematical Reflective Thinking Ability