
Hak Pendidikan Bagi Narapidana Anak Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii A Tarakan Dalam Perspektif Undang- Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak
Pengarang : Iji Santoso - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait Hak Pendidikan Bagi Narapidana Anak Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Pertama, bagaimana pemenuhan hak pendidikan bagi narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tarakan. Kedua, faktor penghambat dalam pemenuhan hak Pendidikan bagi narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tarakan. Skripsi ini menggunakan penelitian empiris dimana penulis terjun langsung kelapangan guna mengumpulkan data guna menjawab isu hukum penelitian ini. Penulis melakukan penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tarakan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dilapangan. Data sekunder dari buku-buku, jurnal ilmiah, ensiklopedia, data-data di internet, dan kamus yang dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tarakan telah melakukan beberapa program pembinaan terhadap Narapidana Anak, namun belum mengarah kepada pendidikan formal dan Non-formal. Akan tetapi pembinaan yang diberikan seperti pendidikan informal, contohnya mengaji, bahasa inggris, bahasa, arab, yang sifatnya tidak berjenjang. Faktor yang menghambat proses pelaksanaan pemenuhan hak narapidana anak dalam hal mendapatkan pendidikan dan pelatihan itu berasal dari dalam maupun dari luar Lapas Kelas II A Tarakan.
Kata Kunci: Narapidana Anak, Lapas, Pendidikan
This research aimed to answer two questions related to the educational rights of child convicts at the Tarakan Class IIA Correctional Institution from the perspective of Law Number 11 of 2012 concerning the Juvenile Criminal Justice System. First, how to fulfill the educational rights of child prisoners at the Tarakan Class IIA Correctional Institution. Second, the inhibiting factors in fulfilling the educational rights of child prisoners at the Tarakan Class IIA Correctional Institution. This thesis used empirical research where the author went directly into the field to collect data to answer the legal issues in this research. The author conducted the research at the Tarakan Class IIA Correctional Institution using data collection techniques, namely interviews, observation, and documentation. The type and source of data used was primary data in the form of interview results. Secondary data was obtained from books, scientific journals, encyclopedias, data on the internet, and dictionaries which were analyzed descriptively. The results of this research concluded that the Tarakan Class IIA Correctional Institution had carried out several development programs for juvenile convicts but had not yet led to formal and non-formal education. The guidance provided was in the form of informal education, such as reciting the Qur'an, English skills, and Arabic, which is not tiered. Factors that hinder the process of fulfilling the rights of child prisoners in terms of receiving education and training came from within and outside the Tarakan Class IIA Correctional Institution. Keywords: Child Prisoners, Prisons, Education