Analisis Pelaksanaan Pembelajaran IPA Pasca Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Hasil Belajar Siswa SMPN 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pelaksanaan Pembelajaran IPA Pasca Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Hasil Belajar Siswa SMPN 5 Tarakan

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran IPA Pasca Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Hasil Belajar Siswa SMPN 5 Tarakan

Pengarang : Dewi Anjani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran adalah suatu proses menciptakan suatu kondisi yang kondusif agar terjadi interaksi komunikasi belajar antar guru, siswa, dan komponen pembelajaran lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPA Pasca Pandemi Cocid -19 di tinjau dari hasil belajar siswa di SMPN 5 Tarakan. Metode yang digunakan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 2 Guru mata pelajaran IPA di SMP 5 Tarakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik análisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA pasca pandemi covid-19 berpedoman sesuai dengan RPP, proses perencanaan pembelajaran IPA pada kelas VIII A dan VIII C sesuai dengan guru yang akan melakukan pembelajaran karena guru menyiapkan pembelajaran sesuai dengan tema dan materi yang akan di sampaikan kepada siswa. Tahapan pada pertemuan pembelajaran bersifat terarah dan menyeluruh pada kegiatan pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa kelas VIII A dan VIII C pembelajaran IPA menunjukkan telah mencapai KKM dan mencapai ketuntasan. Dari kelas VIII A rata-rata nilai tertinggi 80,6 dan rata-rata nilai terendah 74,6. Dari kelas VIII C rata-rata nilai tertinggi 78 dan rata-rata nilai terendah 73. Berdasarkan hasil penelitian dan análisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA pasca pandemi covid-19 berpedoman sesuai dengan RPP dan hasil belajar siswa pembelajaran IPA menunjukkan mencapai KKM dan mencapai ketuntasan.

Kata Kunci : Pasca pandemi, pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar

The implementation of learning is a process of creating condition that are conducive to learning communication interactions between teachers, students, and other learning components to achieve goals. This research aims to analyze the implementation of science learning post COVID-19 pandemic reviewed from students’ learning outcomes at SMPN 5 Tarakan. The method used is qualitative. The reseach subjects were 2 science teachers at SMPN 5 Tarakan. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research result show (1 )The implementation of science learning post COVID-19 pandemic is guided by the RPP, and the science learning planning planning process in classes VIII A and VIII C is in accordance with the teacher who will carry out the learning because the teacher prepares tle lesson according to the theme and material that will be delivered to the students. The stages in the learning meeting are focused and comprehensive in learning activities. (2) The learning science result of students in classes VIII A and VIIIC show that they have reached the KKM and achieved completeness. The highest average score was 80,6 and the lowest average score was 73 from class VIII C. Based on the research results and data analysis show that the implementation of science learning during post COVID-19 pandemic was guided by the RPP and the students’ learning outcomes of science learning showed that they achieved the KKM and achieved completeness. Keywords: Post-pandemic, learning implementation, learning outcomes

Detail Informasi