Pendeteksian Differential Item Functioning (DIF) Gender Menggunakan Rasch Model Pada Soal Penilaian Tengah Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pendeteksian Differential Item Functioning (DIF) Gender Menggunakan Rasch Model Pada Soal Penilaian Tengah Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 13 Tarakan

Pendeteksian Differential Item Functioning (DIF) Gender Menggunakan Rasch Model Pada Soal Penilaian Tengah Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Nur Amaliah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengestimasi tingkat kesukaran butir, 2) menentukan tingkat kesesuaian butir, dan 3) mendeteksi butir yang mengandung Differential Item Functioning (DIF) Gender pada soal Penilaian Tengah Semester (PTS). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 13 Tarakan, dengan populasi penelitian adalah 137 respon peserta didik kelas VII terhadap paket soal PTS Matematika tahun ajaran 2022/2023. Paket soal terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda terkait materi perbandingan dan aritmetika sosial. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling total dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Rasch Model. Rasch Model merupakan metode analisis data yang digunakan untuk mendapatkan butir soal yang fit. Analisis data dengan Rasch Model meliputi tingkat kesukaran butir (item measure), tingkat kesesuaian butir (item fit), dan differential item functioning (DIF). Rasch Model dipilih karena memiliki keunggulan, yaitu mampu memprediksi data hilang, memberikan ukuran yang linear dengan interval yang sama, melakukan proses estimasi yang tepat, dan telah memenuhi syarat pengukuran yang objektif dibanding metode lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dari 10 butir soal PTS memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi, yaitu kategori sangat sulit 2 butir soal, kategori sulit 4 butir soal, kategori mudah 2 butir soal, dan kategori sangat mudah 2 butir soal, 2) berdasarkan tingkat kesesuaian butir, terdapat 1 butir soal yang mengalami misfit, 3) berdasarkan nilai probabilitas, terdeteksi 1 butir soal yang mengandung DIF dengan nilai probabilitas kurang dari 0,05. Hal ini berarti terdapat 1 butir yang mengandung DIF gender, yaitu butir soal nomor 9 dengan nilai probabilitas 0,0258. Butir soal nomor 9 cenderung memberikan keuntungan bagi laki-laki karena memiliki tingkat kesukaran pada kategori mudah pada kelompok subjek laki-laki, sedangkan pada kelompok subjek perempuan soal tersebut memiliki tingkat kesukaran pada kategori sulit.

Kata Kunci: Differential Item Functioning, Rasch Model, Gender

This study aimed to 1) estimate the level of item difficulty, 2) determine the level of item suitability, and 3) detect items containing Gender Differential Item Functioning (DIF) in the Midterm Assessment (PTS) items. This research was included in the type of quantitative research with an ex-post facto method. The research was conducted at SMP Negeri 13 Tarakan, with the research population consisting of 137 students of grade VII who responded to the package of Mathematics Midterm Assessment questions for the 2022/2023 academic year. The question package consisted of 10 multiple choice questions related to comparison and social arithmetic material. Sampling was done with a total sampling technique where the number of samples was the same as the population. Data collection was carried out using documentation techniques. The data analysis technique used was the Rasch Model. Rasch Model is a data analysis method used to obtain fit items. Data analysis with the Rasch Model includes item difficulty (item measure), item fit, and differential item functioning (DIF). The Rasch Model was chosen because it has advantages, namely being able to predict missing data, provide a linear measure with the same interval, perform an appropriate estimation process, and have met the requirements of objective measurement compared to other methods. The results showed that (1) 10 Midterm Assessment items had varying levels of difficulty, consisting of 2 items in the very difficult category, 4 items in the difficult category, 2 items in the easy category, and 2 items in the very easy category; (2) based on the level of item suitability, there was 1 item that experienced misfit, 3) based on the probability value, I item containing DIF with a probability value of less than 0.05 was detected. This means that there was 1 item that contained gender DIF, namely item number 9 with a probability value of 0.0258 Item number 91 tended to give an advantage to men because it had a difficulty level in the easy category in the male subject group, while in the female subject group the item had a difficulty level in the difficult category. Keywords: Differential Item Functioning, Rasch Model, Gender

Detail Informasi