
Pelaksanaan Layanan Klasikal Di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung
Pengarang : Liza Listriyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Bimbingan klasikal merupakan kegiatan layanan yang diberikan kepada sejumlah peserta didik/konseli dalam satu rombongan belajar dan dilaksanakan di kelas dalam bentuk tatap muka antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan peserta didik/konseli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan klasikal di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan layanan klasikal di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung dilaksanakan dengan baik dan pelaksanaan layanan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: tahap perencanaan yaitu melakukan assesment, mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan seperti RPL, media dan alat mengajar, tahap pelaksanaan/tahap inti yaitu menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, menjelaskan materi dan menyimpulkan hasil materi, tahap penutup yaitu memberikan motivasi dan refleksi, dan evaluasi yaitu mengevaluasi sikap, keaktifan dan mengevaluasi hasil pemberian layanan.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Pelaksanaan Layanan Klasikal
Classical guidance is a service activity provided to students/counseless in one study group and done in the class of faca-toface meetings between guidance and counseling teachers or counselors and students/counselees. This research aims to determine the implementation of classical services at SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. This research uses a descriptive qualitative approach. Interviews and documentation were used as data collection techniques. The primary data source for this research is the results of interviews with guidance and counseling teachers. Meanwhile, secondary data is obtained from documentation. Based on the research results the implementation of classical services at SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung was done well and the implementation of the service was carried out in several stages: the planning stage, assessment, preparing the equipment that will be used such as RPL, media, and teaching tools. The implementation stage/core stage. Explaints the activities to be held, explaints the material, and concludes the results of the material. The closing stage provides motivation, reflection, and evaluation, with evaluating attitudes, activeness, and evaluating the results of the service delivery. Keywords: Classical Guidance Service, Implementation of Classical Services