
Deskripsi Supervisi Salah Satu Kepala Sekolah SD Negeri Kota Tarakan
Pengarang : Devi Nur Indah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Program supervisi merupakan salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam rangka perbaikan profesional kerja guru. Kepala sekolah berperan penting dalam terlaksananya program supervisi. Supervisi merupakan serangkaian kegiatan membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya untuk mengelola proses pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana supervisi yang dilakukan oleh salah satu kepala sekolah SD Negeri Kota Tarakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan supervisi yang dilakukan oleh salah satu kepala sekolah SD Negeri Kota Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SD Negeri Kota Tarakan pada tahun ajaran 2022/2023. Sumber data dalam penelitian ini ada sumber data primer dan sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas rendah, dan guru kelas tinggi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa supervisi yang telah dilakukan oleh kepala sekolah berjalan optimal. Hal ini dibuktikan dengan kepala sekolah melakukan perencanaan program supervisi dengan menyusun program supervisi, membuat jadwal supervisi, dan menentukan instrumen supervisi yang akan digunakan. Saat melaksanakan program supervisi kepala sekolah melakukan supervisi dengan kunjungan kelas. Kepala sekolah juga menggunakan pendekatan dan teknik supervisi. Selanjutnya kepala sekolah melakukan evaluasi dan tindak lanjut hasil supervisi.
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Supervisi
The supervision program is one of the programs held in order to improve the professional work of teachers. The principal plays an important role in the implementation of the supervision program. Supervision is a series of activities to assist teachers in developing tehir ability to manage the learning process in order to achieve learning objectives. The problem formulation in this study was how supervision was carried out by one of the principals of public primary school in Tarakan city. The purpose of this study was to describe the supervision conducted by one of the principals of public primary school in Tarakan city. The type of the research used was qualitative research. This research was conducted in one of the public primary schools in Tarakan city in the 2022/2023 academic year. The data source of this research consisted of primary and secondary data sources. The informants of this research were the principal, low-grade teacher, and high-grade teachers. Data collection techniques in this research were interviewand document studies. Data analysis techniques in this study concluded that the supervision that had been carried out by the principal ran optimally. This was proven by the principal who planned the supervision program by compiling a supervision program, making a supervision schedule, and determining the supervision instruments to be used. During the implementation of the supervision program, the principal conducted supervision with classroom visits. Principals also used supervsory approach and technique. Furthermore, the principal evaluated and followed up on the results of supervision. Keywords: Principal, Supervision