
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Eksperimentasi Realistic Mathematics Education Di SMP Negeri 14 Tarakan
Pengarang : Sury Adellia Ramadhanta - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM) siswa yang dibelajarkan menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) di SMP Negeri 14 Tarakan. Peningkatan dilihat dengan menguji perbedaan KBKM siswa yang dibelajarkan dengan RME dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran yang biasa diterapkan oleh guru (pembelajaran konvensional). Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain non-equivalent control group dengan populasi seluruh siswa kelas 7 SMP Negeri 14 Tarakan. Melalui teknik kluster sampling sederhana, diperoleh kelas 7.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.1 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara KBKM siswa yang belajar dengan RME dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian menunjukkan bahwa RME dapat meningkatkan KBKM siswa secara signifikan. Lebih lanjut, temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konvensional juga dapat meningkatkan KBKM siswa tetapi tidak sebaik RME.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Matematika Sekolah, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Konvensional, Realistics Mathematics Education
This study aims to determine the incrase in students’ Mathematical Creative Thinking Ability (MCTA) which is taught using Realistic Mathematics Education (RME) at SMPN 14 Tarakan. Improvement were seen by testing the differences in the MCTA of students who were taught with RME with students who taught with the usual learning applied by the teacher (conventional learning). This quasi-experimental research uses a non-equivalent control group with a population of all 7th-grade students of SMPN 14 Tarakan. Through a simple cluster sampling technique, class 7.2 was obtained as the experimental class and class 7.1 as the control class. The data obtained were analyzed using a t-test. The result of the study revealed that there were significant differences between the students’ MCTA who studied with RME and students’ who studied with conventional learning. Research shows that RME can improve students’ MCTA significanly. Furthermore, research findings show that conventional learning can also improve students’ MCTA but not as well as RME. Keywords: Mathematical Creative Thinking, School Mathematics, Learning Mathematics, Conventional Learning, Realistic Mathematics Education