Pendekatan Pengukuran Kinerja Jalan Sei Sesayap Kota Tarakan Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pendekatan Pengukuran Kinerja Jalan Sei Sesayap Kota Tarakan Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Pendekatan Pengukuran Kinerja Jalan Sei Sesayap Kota Tarakan Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Pengarang : Aprilisona - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jalan Sei Sesayap ialah salah satu jalan penghubung jalur kota yang terdapat pada Kota Tarakan. Lewat sistem satu jalur dua lajur dua arah (2/2), dimana pada segmen tersebut ada pusat kegiatan masyarakatnya diantaranya ialah: bagian untuk berdagang (pertokoan glosir, kuliner makanan, butik) bank dan sekolah, sehingga sepanjang hari banyak kendaraan yang melewati jalan ini. Jalan Sei Sesayap adalah suatu wilayah yang lalu lintasnya tidak hanya volume kendaraan yang melintas saja yang padat, tetapi juga untuk volume pejalan kakinya sangat banyak. Pada Jalan Sei Sesayap ini kapasitas jalannya tidak sesuai karna sempitnya ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan berkendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan masukan dalam upaya meningkatkan pelayanan Jalan Sei Sesayap Kota Tarakan. Pengumpulan data penelitian dilakukan survei pengamatan langsung dan survei wawancara dengan 270 sampel responden secara random sampling. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD) dimana dari metode tersebut akan dihasilkan analisis indeks kepuasan pengguna jalan yaitu 3,289 yang menunjukkan bahwa kinerja pelayanan yang dirasakan oleh pengguna jalan masuk dalam kriteria “Cukup Memuaskan”dan sebuah rekomendasi diperoleh sebuah rekomendasi untuk perbaikan kinerja tingkat pelayanan jalan dengan 17 karakteristik yang menjadi respon teknis yaitu perbaikan jalan rusak, desain jalannya yang aman, biaya disesuaikan dengan biaya peraturan yang berlaku, memperbaiki fasilitas jalan, kerjasama dengan aparat keamanan, akses jalan yang terkendali, memperbaiki rambu yang sudah rusak, menambah dan menjamin kejelasan fasilitas informasi pejalan, menambah fasilitas lampu penerang jalan, merenovasi jalur pejalan kaki, memperbaiki garis zebra cross untuk penyebrang, aksesibilitas halte, ketersediaan ketempatan waktu, memperbaiki dan menambah kapasitas parkir, penambahan dan perbaiki trotoar, menyediakan fasilitas pagar pembatas pejalan kaki berupa bollard, memasang rambu dilarang berdagang, parkir dll.

Kata Kunci :Tingkat pelayanan jalan;Random Sampling;Quality Function Deployment

Sei Sesayap road is one of the connecting roads in Tarakan City. Through the one- lane, two-lane, two-direction (2/2) system, there is a community activity center in that segment, which includes: a section for trading (glossary stores, culinary food, boutiques), banks, and schools, resulting in a high volume of traffic on this route throughout the day. In Jalan Sei Sesayap, there is a lot of traffic that includes both passing cars and a lot of pedestrians. Due to the road's narrowness, Jalan Sei Sesayap's capacity is insufficient, which results in traffic congestion. The purpose of this study was to contribute to efforts to enhance Jalan Sei Sesayap Tarakan City's services. Direct observation surveys and interviews with 270 randomly selected sample respondents were used to gather research data. The method used was Quality Function Deployment (QFD). An analysis of the road user satisfaction index, which came out at 3,289, indicated that the strategy had delivered service performance that met the "Enough Satisfying" standard. A recommendation was obtained to improve the level of performance road service with 17 characteristics They were repair of damaged roads, safe road design, cost adjusted to the cost of applicable regulations, repair of road facilities, cooperation with security forces, controlled road access, repair of broken signs, increase and guarantee clarity of pedestrian information facilities, adding street lighting facilities, renovating pedestrian paths, improving zebra cross lines for crossing, accessibility of stops, availability of punctuality, improving and increasing parking capacity, adding and repairing sidewalks, providing pedestrian barrier facilities in the form of bollards, putting up signs prohibiting trading, parking, etc. Keywords: Road service level, Random Sampling, Quality Function Deployment

Detail Informasi