
The Effectiveness Of Picture Word Inductive Model In Writing Descriptive Text Of Eighth Grader Of SMPN 7 Tarakan
Pengarang : Hendra Wahyudi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Picture Word Inductive Model dalam meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa kelas delapan SMPN 7 Tarakan pada tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian. Kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII-5 yang diajarkan dengan menggunakan Picture Word Inductive Model. Kelas delapan terdiri dari 7 (tujuh) kelas, kelas VIII-5 dipilih oleh peneliti karena nilai rata-rata siswa dikelas VIII-5 dalam aspek menulis terendah daripada kelas yang lain dan tidak adanya siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal khususnya dalam hal menulis. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis. Data yang dianalisis adalah data nilai hasil pretest dan posttest. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan paired sample T-test dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretest adalah 58.88 dan nilai rata-rata hasil posttest adalah 71.03. Hasil dari paired sample T-test pada tingkat signifikansi 0.05 adalah 0.00. Tidak hanya hasil dari nilai rata-rata pretest posttest dan paired samples T-test pada tingkat signifikansi 0.05, tetapi juga dari nilai T-test dan T-table. Nilai T-test adalah 9.769 dan nilai T-table adalah 2.040. Hal ini menunjukkan bahwa T-test lebih tinggi dari pada nilai T-table (9.769 > 2.040). Dengan kata lain, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hasil analisis data membuktikan bahwa hasil pengajaran menggunakan Picture Word Inductive Model memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Dapat disimpulkan bahwa Picture word inductive model dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII-5 SMPN 7 Tarakan.
The objective of this research was to find out whether there was any significant Effect of Picture word inductive model in teaching English to improve the students’ writing ability at the eighth grade students of SMPN 7 Tarakan. The method that used in this research was pre experimental design. The sample was taken by using purposive sampling technique. This research only used one class as the sample of the research. Class VIII-5 was a sample of this research which was taught by using Picture word inductive model. Eighth grade it consists of 7 (seven) classes, class VIII-5 was chosen by the researcher because the students’ mean score in class VIII-5 in writing aspect was lower than the other classes and there was no student who achieve the criteria of success in English especially in writing aspect. The instrument of this research was writing test. The data which analysed was the data from pretest and posttest. In analysing the data, the researcher used paired sample T-test with SPSS 22.0. The result shows that the improvement of the mean score from pretest to posttest was 12.15. Result of the paired sample T-test at the level of significance 0.05 was 0.00. Not only the result of mean score pretest posttest and result of paired samples T-test, but also from the value of T-test and T-table. T-test value was 9.769 and T-table value was 2.040. It indicates that the value of T-test was higher than Ttable (9.769 > 2.040). In other words, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The result of the data analysis proves that taught by using Picture word inductive model gave the significant effect to the students’ writing ability. It can be concluded that Picture word inductive model can improve the students’ writing ability at the Eighth grade students of SMPN 7 Tarakan.