
Analisis Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Instrumen TOSLS
Pengarang : Nur Fatimah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Literasi sains merupakan pemahaman konsep dan prinsip sains, menggunakan keterampilan, sikap dan pengetahuan serta mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan literasi sains siswa SMA Muhammadiyah Tarakan menggunakan instrumen TOSLS. Penelitian menggunakan metode penelitian deskritif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah TOSLS (Test Of Scientific Literacy Skills) berupa tes pilihan ganda. Populasi/sampel yaitu seluruh siswa kelas XI MIA SMA Muhammdiyah Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek keterampilan memahami metode penyelidikan yang mengarah pada pengetahuan ilmiah sebesar 51,54% kategori sangat kurang. Aspek keterampilan mengatur, menganalisis dan menginterpretasikan data kuantitatif dan informasi ilmiah sebesar 71,50% kategori cukup. Nilai rerata dari kedua aspek sebesar 61,47% kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa lebih cenderung memiliki keterampilan dalam mengelola data kuantitatif dibandingkan dengan memahami metode saintifik dikarenakan keterampilan mengelola data kuantitatif lebih sering digunakan dalam pembelajaran dari pada pemahaman mengenai langkah-langkah ilmiah, hal ini ditandai dari hasil persentase pada aspek kedua lebih tinggi dibandingkan pada aspek pertama.Rekomendasi yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah proses pembelajaran diharapkan lebih menekankan aspek keterampilan memahami metode penyelidikan dan pengetahuan ilmiah. Saran penulis adalah lebih menekankan pada aspek keterampilan memahami metode penyelidikan yang mengarah pada pengetahuan ilmiah dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Literasi sains, siswa, Test Of Scientific Literasi Skills
Scientific literacy is being able to understand scientific concepts and principles. It involves using skills, attitudes, and knowledge, and making decisions based on the knowledge that has been acquired. The present research aimed to determine the scientific literacy skills of Muhammadiyah Tarakan High School students using TOSLS instrument. This research employed a quantitative descriptive research method. The instrument in this research was TOSLS (Test of Scientific Literacy Skills) in the form of a multiple-choice test. The sample consisted of all students in class XI MIA of SMA Muhammdiyah Tarakan. The research results showed that the skills aspect of understanding the investigation method that leads to scientific knowledge was 51.54% classified into very poor category. The skills aspect of organizing, analysing, and interpreting quantitative data and scientific information was 71.50% classified into fair category. The mean score of both aspects was 61.47% classified into fair category. Based on the results of data analysis, it indicated that the students were more likely to have skills in managing quantitative data compared to understanding scientific method because skills in managing quantitative data were more often used in learning than understanding scientific steps. This was proven by the percentage result of the second aspect which was higher than that of the first aspect. The recommendation that can be offered in this research is that the learning process is expected to give more emphasis on the skills aspect in understanding investigation method and scientific knowledge. It is suggested that the learning should be more emphasis on the skills aspect of understanding investigation method that leads to scientific knowledge. Keywords: Scientific Literacy, Students, Test of Scientific Literacy Skills