Analisis Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Play Group Az-Zahra Tarakan (Kajian Pragmatik) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Play Group Az-Zahra Tarakan (Kajian Pragmatik)

Analisis Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Play Group Az-Zahra Tarakan (Kajian Pragmatik)

Pengarang : Warni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran anak usia dini di Play Group Az-Zahra Tarakan (kajian pragmatik). Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat terhadap perkembangan pendidikan bahasa dan bidang pragmatik pada umumnya dan khususnya tentang kajian tindak tutur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Waktu yang dibutuhkan untuk penelitian ini kurang lebih 7 bulan yang berlokasi di Play Group Az-Zahra Tarakan, Kalimantan Utara. Sumber data penelitian ini adalah guru Play Group Az-Zahra Tarakan dan data diperoleh dari tuturan guru Play group Az-Zahra Tarakan dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakanm yaitu teknik observasi, teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik padan pragmatis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran di Play Group Az-Zahra Tarakan ditemukan enam jenis tindak tutur. Keenam jenis tindak tutur direktif tersebut adalah tindak tutur direktif permintaan sebanyak 13 data tuturan, tindak tutur direktif pertanyaan sebanyak 13 data tuturan, tindak tutur direktif perintah sebanyak 13 data tuturan, tindak tutur direktif perintah sebanyak 11 data tuturan, tindak tutur direktif pemberian izin sebanyak 3 data tuturan, dan tindak tutur nasihat sebanyak 8 data tuturan. Ke enan jenis tindak tutur direktif tersebut mempunyai fungsi, mengandung maksud, dan tujuan tertentu serta dapat menimbulkan daya pengaruh atau efek. Hal ini yang menyebabkan peserta didik dapat bereaksi atau merespon dalam bentuk tuturan dan tindakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi