
Kemampuan Siswa Menulis Surat Dinas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sebatik Barat
Pengarang : Yuliana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan Siswa Menulis Surat Dinas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sebatik Barat. (dibimbing oleh Siti Sulistyani Pamuji dan Siti Fathonah). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas VIIA di SMP Negeri 1 Sebatik Barat dapat menulis surat dinas. Penelitian Kelas (PK) adalah nama untuk jenis penelitian ini. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, siswa diberikan tes instrumen berbasis esai sebagai metode pengumpulan data. Menulis surat dinas ditugaskan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif sebagai metode analisis data. Hasil serta pembahasan bahwa pencapaian kemampuan siswa dalam menulis surat dinas berdasarkan peristiwa yang pernah dialami pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sebatik Barat dengan pencapaian nilai rata-rata 87 dengan predikat A (sangat baik) telah mencapai nilai ketuntasan minimal. Hal ini dibuktikan dengan penjelasan menulis surat dinas. Aspek yang dinilai berdasarkan isi, organisasi atau penyajian, dan bahasa. Aspek yang pertama yaitu kesesuaian bentuk surat dengan nilai 85 dengan persentase 85%. Aspek yang kedua kelengkapan bagian surat dengan nilai 96 dengan persentase 96%. Aspek yang ketiga penulisan bagian surat dengan nilai 86 dengan persentase 86%. Aspek yang ke empat kejelasan isi surat dengan nilai 93 dengan persentase 93%. Aspek kelima pilihan kata dengan nilai 86 dengan persentase 86%. Aspek ke enam tanda baca dan ejaan dengan nilai 76 dengan persentase 76%. Aspek terakhir yaitu aspek ketujuh penyusunan kalimat dengan nilai 84 dengan persentase 84%.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Surat Dinas
The aim of this research was to find out how good class VIIA students at SMP Negeri I Sebatik Barat could write official letters. Classroom Research (PK) is the type of research. Quantitative methods were used in this research. In this research, students were given an essay-based instrument test as a data collection method. Writing official letters was assigned to students. This research used quantitative and qualitative data analysis as data analysis methods. The results and discussion showed that the achievement of student's ability to write official letters was based on events experienced by students in class VII A of SMP Negeri 1 Sebatik Barat with an average score of 87 with the predicate A (very good) had achieved the minimum completeness score. The student's achievement was proven by the explanation of writing official letters. Aspects assessed were based on content, organization or presentation, and language structure. First aspect was the suitability of the letter form got score of 85 with a percentage of 85%. The second aspect was the completeness of the letter with a score of 96 with a percentage of 96%. The third aspect was writing the letter with a score of 86 with a percentage of 86%. The fourth aspect was clarity of the content of the letter with a score of 93 with a percentage of 93%. The fifth aspect was word choice with a score of 86 with a percentage of 86%. The sixth aspect of punctuation and spelling scored 76 with a percentage of 76%. The last aspect was the seventh aspect of sentence construction with a score of 84 with a percentage of 84%. Keywords: writing skills, official letters.