
Kemampuan Menulis Cerita Fabel Dengan Menggunakan Model Gallery Walk Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Isabella - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis cerita fabel dengan menggunakan model gallery walk pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018. Penelitian ini nmenggunakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas. Penelitian kelas (PK) yaitu, penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerita fabel dengan menggunakan model gallery walk, dengan subjek penelitian kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Data hasil penelitian diperoleh melalui dari tes belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model gallery walk untuk melihat kemampuan menulis dan hasil kognitif, psikomotorik belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, menunjukkan bahwa siswa mampu menulis cerita fabel dengan cukup baik. Berdasarkan 3 penilaian yaitu dan afektif. Untuk kognitif terdapat 3 kelompok yang mendapat nilai dengan rentang 61-70 ada dengan persentase 60% berada dalam kategori cukup, kelompok yang memperoleh nilai dengan rentang 41-60 ada 2 kelompok dengan persentase 40% berada dalam ketegori kurang,. Selanjutnya dalam penilaian psikomotorik kelompok yang memperoleh nilai dengan rentang 41-60 ada 5 kelompok dengan persentase 100% berada dalam kategori kurang. Berikutnya siswa yang memperoleh penilaian afektif dengan nilai rentang 81100 ada 16 siswa dengan persentase 48% berada dalam kategori sangat baik, siswa yang memperoleh nilai rentang 71-80 ada 11 siswa dengan persentase 33% berada dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai rentang 61-70 ada 6 siswa dengan persentase 19% berada dalam kategori cukup.
Tidak Tersedia Deskripsi