The Effectiveness Of Poster Media In Enhancing Reading Comprehension At X Of SMA N 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effectiveness Of Poster Media In Enhancing Reading Comprehension At X Of SMA N 2 Tarakan

The Effectiveness Of Poster Media In Enhancing Reading Comprehension At X Of SMA N 2 Tarakan

Pengarang : Siti Hafsah Yuhany - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Poster adalah salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa efektif poster sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel peserta didik. Instrumen disusun dengan melihat indikator alur tujuan pembelajaran (ATP) atau silabus dan modul pembelajaran atau rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk pengambilan data. Instrumen penelitian ini meliputi lembar test (pretest dan tes akhir). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa grup eksperimen dan grup kontrol berbeda secara signifikan. Hal itu dibuktikan dengan hasil skor rata rata siswa. Hasil rata-rata dalam pretest dan posttets (experiment class) adalah 64,80 dan 87,54 dan hasil rata-rata dalam pretest dan posttest (control class) adalah 66,00 dan 80,89. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan poster sebagai media pembelajaran. Hasil uji dari uji sampel independen menunjukkan bahwa t-test (4,257) lebih besar dari t-tabel (2,042). Peneliti dalam penelitian ini menemukan bahwa setelah menggunakan Poster sebagai media pembelajaran, ada perubahan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Poster sebagai alat pembelajaran telah terbukti berhasil meningkatkan pemahaman membaca bahasa inggris siswa di kelas sepuluh SMA Negeri 2 Tarakan.

Kata Kunci: Pemahaman membaca, Media pembelajaran, dan Poster.

Posters are one of the learning media that can improve students' reading comprehension. This study aimed to determine how the effectiveness of posters as a learning media for improving students' reading comprehension. This research used quasi-experimental methods. The population of this research was all students at grade tenth of SMA Negeri 2 Tarakan for the 2022/2023 academic year. The sampling technique was carried out by purposive sampling with a sample of X-J and X-F students. The instrument was prepared by looking at the learning objective indicator (ATP) or syllabus and learning modules or lesson plans (RPP) for data collection. This research instrument included test sheets (pretest and final test). The results of this research showed that the experimental group and the control group differed significantly; it was evidenced by the results of the average score of students. The average results in the pretest and posttest (experiment class) were 64.80 and 87.54 and the average results in the pretest and posttest (control class) were 66.00 and 80.89. This showed that there was a significant difference between the use of posters as a learning media. The test results from independent sample tests showed that the t-test (4.257) was greater than the t-table (2.042). This research also found that after using posters as a learning media, there were some significant changes. Thus, it can be concluded that Poster as a learning media has been proven successful in enhancing the student English reading comprehension at the tenth grade of SMA Negeri 2 Tarakan. Keywords: Reading Comprehension, Learning media, and Posters.

Detail Informasi