Analisis Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Higher Order Thinking Skill (Hots)  Pada Soal Penilaian Akhir Semester Genap  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Tarakan

Analisis Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Rubiyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dalam penelitian Analisis Higher Order Thinking Skill ini pada Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Tarakan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Tarakan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penempatan kriteria soal yang berkategori dalam ranah HOTS khususnya dalam kepentingan Pendidikan sehingga mampu melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki siswa meliputi berpikir kritis, rasional, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Hasil dari analisis soal Ujian Akhir Semester Genap pada Kelas VIII presentasi yang didapat 64% butir soal, dalam hal ini soal ujian “sebagian besar” termasuk soal yang berkategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan hanya terdapat pada level C4 yaitu menganalisis dan tidak terdapat soal yang berkategori C5 dan C6, sebaran soal didominasi dengan soal berkategori HOTS . Pada hasil analisis soal kelas IX terdapat 22 butir soal yang berkategori HOTS, sehingga presentasi dari hasil tersebut 44% dari 50 butir soal maka “kurang” dari setengah soal yang berkategori HOTS dan hanya terdapat pada level Kognitif C4 Menganalisis tidak terdapat butir soal pada level Kognitif C5 Mengevaluasi dan C6 Mencipta. Berdasarkan hasil analisis data analisis soal di atas menunjukkan bahwa sebaran soal yang berkategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) belum merata secara keseluruhan hal ini dibuktikan dengan soal yang hanya didominasi dengan soal LOTS dan hanya sebagian kecil yang berkategori HOTS, terdapat penggunaan sebaran ranah kognitif yang kurang merata.

Kata Kunci: Analisis Soal Higher Order Thinking Skill.

The purpose of this research was to analyse the Higher Order Thinking Skill (HOTS) on the even semester end assessment of Indonesian Language subject at SMP Negeri 1 Tarakan. The research used a qualitative method with a descriptive research type. The data were taken from the questions of the Final Semester Examination of Indonesian Language subject for the VIII and IX classes of SMP Negeri 1 Tarakan in the academic year 2023/2024. This research was conducted to establish the positioning of criteria for categorized questions in the field of HOTS in order to train students in the high-level thinking abilities they require, such as critical, logical, reflective, metacognitive, and creative thinking The results revealed that the Class VIII received 64% of the questions, with the "most" of the exam's questions falling into the HOTS category and only being discovered at the C4 level, while the C5 and C6 category questions were absent. The distribution of questions was dominated by HOTS category questions. In the class IX findings, there were 22 questions classified as HOTS, accounting for 44% of the 50 total questions. This means that "less" than half of the questions classified as HOTS were only found at Cognitive Level C4. The findings demonstrated that the distribution of HOTS questions was not uniform across the board, as seen by the questions of LOTS predominated and HOTS questions made up a very tiny portion of the total questions. The distribution of cognitive domains was unequal. Keywords: Analysis of Higher Order Thinking Skill

Detail Informasi