Analisis Kemampuan Spasial Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMPIT Ulul Albab Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Spasial Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMPIT Ulul Albab Tarakan

Analisis Kemampuan Spasial Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMPIT Ulul Albab Tarakan

Pengarang : Muhammad Saipullah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan spasial ditinjau dari self efficacy siswa kelas VIII Al-Qalam SMPIT Ulul Albab Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus karena peneliti ingin meneliti kasus kemampuan spasial ditinjau dari self efficacy. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling, sebelum memilih subjek peneliti melakukan pemberian angket kepada semua siswa kelas VIII Al-Qalam, dimana angket berisi pernyataan self efficacy. Selanjutnya angket tersebut dikategorisasikan kemudian diperoleh 3 subjek dengan self efficacy tinggi. Peneliti mengumpulkan data dengan angket, analisis dokumen dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sedangkan instrumen pendukung dari penelitian ini yaitu angket, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu uji credibility, uji transfebility, uji dependability, dan uji confirmablity. Hasil penelitian diperoleh bahwa setiap subjek dengan self efficacy tinggi mempunyai perbedaan dan kesamaan karakteristik dalam menjawab pertanyaan kemampuan spasial. Semua subjek dapat memenuhi indikator kemampuan spasial dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi memiliki kemampuan spasial yang baik.

Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Self-efficacy

This research aims to describe how spatial abilities are reviewed by self-efficacy Class VIII students at Al-Qalam SMPIT Ulul Albab Tarakan. The type of research used was qualitative research using a case study approach because the researcher wants to examine cases of spatial ability reviewed from self-efficacy. The subject sellection used a purposive sampling technique, before selecting the subject the researcher gave a questionnaire to all class VIII Al-Qalam students, where the questionnaire contained a statement of self-efficacy. Next, the quistionnaire was categorized and 3 subject were obtained with high self-efficacy. Researchers collecting data using questionnaire, document analysis, and interviews. The main instrument is the researcher himself, while the supporting instrument are questionnaire, interviews, and documents. The data analysis technique used is collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The validity test of the data used is the test of credibility, transferability, dependability, and confirmability. The research result showed that each subject with high self-efficacy has different and similar characteristics in answering spatial ability questions. All subjects were able to fulfill the spatial ability indicators well. So, it can be concluded that students with high self-efficacy have good spatial abilities. Keywords: Spatial Ability, Self-efficacy

Detail Informasi