
Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Math Fruit Berbasis Komputer Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Tommy Saputra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 10 Tarakan pada kelas VIII Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk media pembelajaran Game Edukatif “Math Fruit” yang Layak sebagai media pembelajaran untuk siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan pada materi bangun ruang.
Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Perakitan), Testing (Pengujian) dan Distribution (Penyebaran). Evaluasi produk Media Pembelajaran Game Edukatif “Math Fruit” dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu tahap uji alpa dan tahap uji beta. Pada tahap uji Alpa media di validasi oleh para ahli materi/isi, ahli pembelajaran, dan ahli media. Sedangkan tahap uji Beta dilakukan pengujian pada 24 siswa sebagai pengguna akhir media.
Hasil analisis menunjukkan bahwa produk Media Pembelajaran Game Edukatif “Math Fruit” yang dikembangkan berdasarkan validasi beberapa aspek. 3 aspek validasi tersebut antara lain: aspek pembelajaran rata-rata skor adalah 3,2 dengan kriteria sangat layak, aspek isi atau materi rata-rata skor adalah 3,3 dengan kriteria sangat layak, dan aspek media rata-rata skor adalah 3,0 dengan kriteria layak. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan Media Pembelajaran Game Edukatif “Math Fruit” telah memenuhi syarat rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual dan desain pembelajaran. Dengan demikian Media Pembelajaran Game Edukatif “Math Fruit” dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Game Edukatif “Math Fruit”, Model Pengembangan Luther
This type of research is research and development carried out in Tarakan Public Middle School 10 in class VIII. The aim of the research was to produce feasible products of "Math Fruit" Educative Game Learning Media as learning media for students of class VIII of SMP Negeri 10 Tarakan on Building Material. The development model used is the Luther model which consists of 6 stages, namely Concept (Design), Design (Design), Material Collecting (Material Collection), Assembly (Assembly), Testing (Testing) and Distribution (Distribution). Evaluation of Learning Media products Educative Games "Math Fruit" is done in 2 stages, namely the empty test stage and the beta test stage. In the Alpa test phase the media is validated by material / content experts, learning experts, and media experts. While the Beta test stage was tested on 24 students as media end users. The results of the analysis show that the Learning Media product of the "Math Fruit" Educational Game was developed based on the validation of several aspects. The 3 aspects of validation include: the learning aspect of the average score is 3,2 with very decent criteria, the content aspect or the average score material is 3,3 with very decant criteria, and the average media aspect score is 3,0 with decent criteria. While the results of research in the field of Learning Media Educational Games "Math Fruit" has fulfilled the requirements of software engineering, visual communication and learning design. Thus the Learning Media of the Educational Game "Math Fruit" can be said to be very decent to be used as learning media for class VIII students of SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Learning Media for Educational Games "Math Fruit", Luther's Development Model