Fenomena E-Learning Fatigue Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT Pada Pasca Pandemi Covid-19 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Fenomena E-Learning Fatigue Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT Pada Pasca Pandemi Covid-19

Fenomena E-Learning Fatigue Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT Pada Pasca Pandemi Covid-19

Pengarang : Muhamad Aldi Irfan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fenomena e-learning fatigue pada mahasiswa pendidikan biologi pada pasca pandemi covid-19 menyebabkan diterapkan nya pembelajaran daring diinstitusi pendidikan, termasuk di Universitas Borneo Tarakan. Perubahan yang terjadi dalam metode pembelajaran menimbulkan permasalahan yang berdampak pada kesehatan fisik dan psikis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana e-learning fatigue yang terjadi yang terdapat pada mahasiswa jurusan pendidikan biologi angkatan 2020 dan 2021 selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif . sumber data penelitian atau e-learning fatigue pada mahasiswa jurusan pendidikan biologi angkatan 2020 dan 2021dengan sampel 60 mahasiswa. Teknik mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2020 mengalami kondisi kelelahan rataan 21,6 kategori sedang, kecemasan dengan rataan 21,6 kategori sedang dan stres dengan rataan 21,9 kategori sedang. Pada angkatan 2021 dengan kondisi kelelahan dengan rataan 21,6 kategori sedang, kecemasan dengan rataan 21,4 kategori sedang, dan stres dengan rataan 21,6 kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mahasiswa angkatan 2020 mengalami kondisi kelelahan dengan rata-rata 21,6 kategori sedang. Terdapat apakah ada analisis lebih lanjut. Antara e-learning fatigue dan pembelajaran daring yang dialami oleh mahasiswa baik dari segi fisik, mental, dan kehidupan sosial.


Kata Kunci : Pembelajaran daring, E-learning fatigue, Covid-19

The phenomenon of e-learning fatigue for Biology Education student after the COVID-19 pandemic has led to the implementation of online learning in educational intitutions, including Universitas Borneo Tarakan. The change in online learning methods and working from home for teaching staff affects how lecturers continue teaching online students, causing problems that impact each individual’s physical and psychological health. This research aimed to determine how e-learning fatigue occurs among students in Biology Education in 2020 and 2021 during online learning. This research used a descriptive method. The sources of e-learning fatigue were 60 students from classes 2020 and 2021. Data collection techniques used observation, interviews, questionnaires, and documentation and were processed using Likert. The research analysis showed that students majoring in Biology Education class of 2020 experienced fatigue and anxiety with 21,6 in the moderate category and stress with 21,9 in the moderate category. In the class of 2021, fatigue and stress were 21,6 in the moderate category, and anxiety was 21,4 in the moderate category. The research results showed that students from the 2020 and 2021 classes experienced fatigue, averaging 21,6 in the moderate category. There must be any further analysis between e-learning fatigue and online learning experienced by students in terms of physical, mental, and social life. Keywords. Online learning. E-learning fatigue, Covid-19

Detail Informasi