Pengembangan Media Komik Teka-Teki Matematika (Kotema) Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII SMPN 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Komik Teka-Teki Matematika (Kotema) Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII SMPN 8 Tarakan

Pengembangan Media Komik Teka-Teki Matematika (Kotema) Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII SMPN 8 Tarakan

Pengarang : Rinta Ariyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian besar siswa sehingga diperlukan media pembelajaran yang inovatif yang dapat menarik minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang inovatif yaitu media komik teka-teki matematika (KOTEMA). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan pengembangan media KOTEMA yang layak untuk digunakan siswa kelas VII SMPN 8 Tarakan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Research and Development (Rnd) dengan menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk akhir. Media KOTEMA dilakukan penilaian oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru bidang studi, dan 30 siswa. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan diperoleh hasil dengan presentase sebesar 84,48% dengan kategori layak dari ahli materi, dari ahli media diperoleh presentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak dan oleh guru bidang studi diperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji coba produk dilapangan diperoleh penilaian dari siswa dengan presentase sebesar 84,88% dengan kategori layak. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dengan ini media KOTEMA dinyatakan layak sehingga media KOTEMA dapat digunakan siswa sebagai pendamping bahan belajar pada materi operasi hitung bilangan bulat.

Kata Kunci: Pengembangan, Komik Teka-Teki Matematika, Media Pembelajaran

Mathematics is a subject that most students are less interested in, so innovative media of learning iz needed that attracts students to their learning. One of the innovative learning media is math puzzle comic media (KOTEMA). The purpose of the research was to find out the stages of media development of KOTEMA that appropriate the use of the seventh-grade students of SMPN 8 Tarakan. The type of research was Research and Development which used the development model by Sugiyono consisting of several stages, namely potential and problems, data collection, product design, product validation, product revision, product trials and final product revision. KOTEMA media was validated by two material experts, two media experts, two subject teachers, and 30 students. The validation was carried out using an instrument in the form of questionnaires. The results of the assessment obtained at 84,48% with a feasible category from material experts, from media experts obtained at 86% with a very feasible category and by the subject teachers obtained at 96% with a very feasible category. The results of the field trials of the KOTEMA media for students obtained 84,88% with a feasible category. The results of the research showed that KOTEMA media is a feasible category so that KOTEMA Media was able to use in learning materials on interger count operations material. Keywords: Development, Math Puzzle Comic, Media of Instruction

Detail Informasi