
Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Langkah Polya Materi Pecahan Berdasarkan Gender Kelas V-A SDN 007 Tarakan
Pengarang : Rusmala - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah materi pecahan siswa kelas V-A SDN 007 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan gender. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Perbedaan dalam pemecahan masalah terlihat dari proses yang dilakukan masing-masing siswa laki-laki dan perempuan dalam memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Pada langkah memahami masalah dan menyusun rencana dapat dilakukan oleh siswa laki-laki dan siswa perempuan. Pada langkah melaksanakan rencana siswa laki-laki lebih dominan daripada siswa perempuan dalam melakukan penyelesaian dengan baik sehingga siswa laki-laki mampu memenuhi langkah memeriksa kembali.
Kata Kunci: Gender, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar, Soal Cerita Pecahan
This research aims to describe the problem-solving abilities in fraction materials in class V-A SDN 007 Tarakan. This research uses descriptive qualitative research. This research focuses on students' problem-solving abilities based on gender. Data collection techniques include tests and interviews. The instruments used are problem-solving tests and interview guides. This research uses qualitative data analysis techniques through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that there are differences in problem-solving abilities between male and female students. The differences in problem-solving can be seen from the processes done by each male and female student in understanding the problem, making a plan, implementing the plan, and checking again. The step of understanding the problem and making a plan can be done by both male and female students. In the step of implementing the plan, male students are more dominant than female students in carrying out solutions well so that male students are able to fulfill the step of checking again. Keywords: Media Development, Short Videos, Biology Learning