Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Di SMPN 1 Lumbis Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Di SMPN 1 Lumbis Kabupaten Nunukan

Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Di SMPN 1 Lumbis Kabupaten Nunukan

Pengarang : Jidi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal yang di berikan oleh guru bimbingan dan konseling SMPN 1 Lumbis. Layanan klasikal merupakan layanan yang berfungsi pencegahan, pemahaman, pemeliharaan, dan pengembangan sebagai upaya yang secara spesifik diarahkan pada proses yang proaktif tanpa mengenal perbedaan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan klasikal di SMP Negeri 1 Lumbis. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan utama dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa tahapan di dalam pelaksanaan layanan klasikal di SMP Negeri 1 Lumbis yaitu tahap persiapan adalah mengajukan jadwal masuk kelas 2 jam setiap kelas atau minggu untuk di tetapkan pimpinan sekolah sesuai klender akademik dan mempersiapkan topik materi bimbingan klasikal,yang dirumuskan berdasarkan standar kompentensi kemandirian peserta didik, serta menyusun RPl bimbingan klasikal. Tahap pelaksanaan adalah melaksanakan layanan bimbingan klasikal sesuai jadwal dan materi yang telah di rancang. Tahap evaluasi tidak lanjut adalah melakukan proses layanan bimbingan klasikal dan melakukan evaluasi hasil layanan bimbingan klasikal.

Kata Kunci: Pelaksanaan Layanan Klasikal

The objective of this study was to describe the implementation of classical guidance services provided by a guidance and counseling teacher at SMPN 1 Lumbis. The classical services were done as the prevention effort which aimed to find out the implementation of classical services at SMPN 1 Lumbis. The main informant in this study was one teacher of guidance and counseling and two students. The data collected through interviews and documentation were then analyzed using the techniques of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The classical guidance services at SMPN 1 Lumbis were conducted in three stages, namely preparation, implementation, and evaluation. The preparation stage was done by proposing a schedule according to the academic calendar and preparing topics of classical guidance material, which were formulated based on the standards of student independence competence, and arranging the implementation plan for classical guidance. The implementation stage was to conduct classical guidance services according to the schedules and materials that had been designed. The follow-up evaluation stage was to carry out the process of classical guidance services and to evaluate the results of classical guidance services. Keywords: Implementation of Classical Services

Detail Informasi