
Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Iklan Kelas V Di SDN 028 Tarakan
Pengarang : Siti Nur Hamifam - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Iklan Kelas V Di SDN 028 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di kelas V SDN 028 Tarakan. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi siswa kelas V dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas Eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Sample Random Sampling. Analisis data yang digunakan dalam hasil penelitian yaitu uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode role playing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode ceramah. Hasil uji Independent Sample T-Test terhadap pengaruh metode role playing yang ditinjau dari hasil belajar siswa diperoleh thitung = 5.027 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 47 maka diperoleh ttabel = 1.678, berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, penggunaan metode role playing memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Role Playing, Hasil Belajar Siswa
The present research was conducted using quasi-experimental research which aimed at determining the effect of role playing method on the students' learning achievement of advertisement material in class V of SDN 028 Tarakan. This research was carried out in the 2022/2023 academic year in class V SDN 028 Tarakan. The design of this research was Pretest-Posttest Control Group Design with a population of class V students and a sample consisting of two classes, namely class V-A as the experimental group and class V-B as the control group. The sampling technique was simple random sampling. The obtained data were analyzed using the Independent Sample T-Test. The results of the research indicated that the learning achievement of the students in the experimental group taught using the role playing method was higher than the learning achievement of those in the control group instructed using the lecture method. This was proven by the result of the Independent Sample T-Test which showed that the value of the t-test = 5.027 was greater than that of the t-table= 1.678 at the level of significance 0.05 and df=47. Thus, the use of the role playing method had a significant effect on students' learning achievement. Keywords: Role Playing Method, Students' Learning Achievement