
The Effectiveness Of Project Based Learning To Improve Students’ Vocabulary Mastery At Seventh Grade Of SMPN 12 Tarakan
Pengarang : Vivi Rizki Aulina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari keefektifan dalam penggunaan model Pembelajaran berbasi proyek untuk meningkatkan kosakata siswa pada deskriptif teks kelas VII di SMPN 12 Tarakan. Penelitian ini berbentuk Kuasi-eksperiment. Peneliti mencari perbedaan dari pencapaian siswa dikelas sebelum dan setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah.. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas VII yang terdiri dari 61 siswa di SMPN 12 Tarakan. Terdiri dari kelas VII- 3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran berbasis masalah) dan VII- 5 sebagai kelas percobaan (pemebelajaran berbasis proyek). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes berupa pra ujian dan pasca ujian. Disamping itu, peneliti menggunakan deskriptif analisis untuk menganalisis data dan SPSS versi 22.0 digunakan untuk analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor rata-rata antara pra tes dan pos tes. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata siswa pada saat pra ujian di kelas kontrol adalah 52,48 dan di kelas percobaan adalah 55,03. Pada nilai pasca test dikelas kontrol, nilai rata-rata siswa adalah 64,24 dan dikelas percobaan adalah 75,94. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa di kelas kontrol sebanyak 11,76 dan dikelas percobaan 20,91. Dapat dilihat bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa pada pasca ujian lebih tinggi daripada pra ujian dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari nilai kosakata siswa antara pra ujian dan pasca ujian. Hasil dari Independent sample T-test menunjukkan bahwa hasil t-test (2,904) lebih tinggi dari t-tabel (1,671). Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa model pembelajaran ini terdapat perubahan yang signifikan untuk meningkatkan kosakata siswa, membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan juga memberikan banyak kesempatan bagi siswa untuk menuangkan ide-ide mereka. Kemudian dapat disimpulkan bahwa Project Based Learning Model terbukti efektif meningkatkan pemahaman kosakata siswa kelas VII di SMPN 12 Tarakan.
The aim of this research was to find out the effectiveness of using Project Based Learning to improve students’ vocabulary mastery at seventh grade of SMP Negeri 12 Tarakan. This research was quasi experimental design In this research, the researcher tried to find out the differences before and after being taught using Project Based Learning and Problem Based Learning model. The subjects of this study were students in grade VII which consisted of 61 students at SMPN 12 Tarakan. There were two classes, VII -3 as control class (Problem Based Learning) and VII -5 as experimental class (Project Based Learning). The instruments were vocabulary test that included pre-test and post test. Besides that, the researcher used descriptive analysis to analyze the data and SPSS 22.0 for statistical analysis. The results of this study indicated that there were differences between pretest and posttest. It was proven by the results of the students mean score. The students’ mean score in pretest at control class was 52,48 and experiment class was 55,03. In posttest there were improvement in students mean score. In control class was 64,24 and experiment class was 75,94. It indicated that there was improvement of students mean score in control class (11,76) and in experimental class (20,91). The scores in posttest were higher than the pretest scores. It showed that there was a significant difference from students’ vocabulary test between pretest and posttest. The results of the independent sample t-test showed that the ttest (2,904) higher than t-table (1,671). In this research, it showed that this learning model was effective to improve students’ vocabulary mastery, make learning process more interesting and gave many opportunities for all students to express their idea. Then it can be concluded that Project Based Learning model has proven to be an effective strategy for increasing vocabulary mastery at seventh grade students at SMPN 12 Tarakan