
Studi Keanekaragaman Jenis IKan Di Sungai Mentarang Dan Potensinya Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA
Pengarang : Sarni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis ikan di sungai Kecamatan Mentarang. Selain itu untuk mengetahui potensinya pada pembelajaran Biologi SMA. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendapatkan data keanekaragaman jenis ikan di Sungai Mentarang. Kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan potensinya pada pembelajaran Biologi SMA. jenis ikan yang ditemukan di sungai Mentarang terdiri dari 6 ordo dan 12 jenis spesies yaitu ordo Cypriniformes dengan spesies B.schwanenfeldii, Parachela oxygastiodes, Neolissochilus soro, Leptobarbus hoevernii, Tor tambra, dan Rasbora elegans. Ordo Siluriformes dengan spesies Bagrus nemurus. Ordo Ostaroiphysi dengan Spesies Pangasius hypopthalmus. Ordo Anguilliformes dengan spesies Anguilla bicolor. Ordo Perciformes dengan spesies Channa striata dan Oreochromis niloticus. Ordo Elopiformes dengan spesies Megalops cyprinoides. Total jenis-jenis ikan yang diperoleh dari ketiga stasiun yaitu 114 individu, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat jumlah total spesies yang diperoleh secara keseluruhan pada lokasi penelitian dengan indeks keanekaragaman sebesar 2.025 disesuaikan dengan rumus Shannon-Wiener maka keanekaragaman jenis ikan tergolong sedang.Sedangkan potensi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai sumber belajar atau dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk memanfaatkan hasil penelitian dan memajukan pendidikan. dari identifikasi tersebut akan dituangkan menjadi bahan ajar berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Handout.
Kata kunci :Keanekaragaman jenis, potensi pembelajaran, SMA
The purpose of the research was to determine the diversity of fish species in Mentarang river and its potential in Biology learning for class X of senior High School. The research design was descriptive explorative with quantitative and qualitative approachh.The quantitative approach used was to find out the data of the diversity of fish species in Mentarang river.The qualitative approach used was to describe the potential of the diversity of fish species in Biology learning for senior High School. The fish species found in Mentarang river consisted of 6 ordo Cypriniformes with species of B. schwanenfeldii, Parachela oxygastiodes, Neolissochilus soro, Leptobarbus hoevernii, Tor tambra, dan Rasbora elegans. Ordo Siluriformes with species Bagrus nemurus. Ordo Ostaroiphysi with Species Pangasius hypopthalmus. Ordo Anguilliformes with species Anguilla bicolor. Ordo Perciformes with species Channa striata and Oreochromis niloticus. Ordo Elopiformes with species Megalops cyprinoides. The fish species found was 114 at 3 plots. It conclueded that the total number of species obtained overall at the research site with a diversity indexs of 2,025 consulted to the Shannon - Wiener formulaand the diversity of fish species was classified as moderate. The research results were able to be used as a learning resource or as teaching materials for conducting the teaching and learning and advancing education. It was also written as teaching materials in lesson plans, student worksheets, and handouts. Keywords: Diversity of Fish Species, potential for Learning, SMA