
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Step Interview Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas XI MIA 3 MAN Tarakan
Pengarang : Deswhita Paramitha Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di MAN Tarakan pada kelas XI MIA 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Three Step Interview pada kelas XI MIA 3 MAN Tarakan. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2019-16 November 2019 di MAN Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 MAN Tarakan, yaitu 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan komunikasi matematika lisan dan instrumen tes kemampuan komunikasi matematika tulisan siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data keterlaksanaan kegiatan pembelajaran model TSI, kemampuan komunikasi matematika lisan, dan kemampuan komunikasi matematika tulisan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematika lisan siswa pada siklus I sebesar 66,67% siswa berada pada minimal kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,89% siswa berada pada minimal kategori baik. Sedangkan kemampuan komunikasi matematika tulisan siswa pada siklus I sebesar 74,08% siswa berada pada minimal kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,19% siswa berada pada minimal kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Three Step Interview dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas XI MIA 3 MAN Tarakan.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Step Interview
This classroom action research was conducted at MAN Tarakan in class XI MIA 3. The purpose of this study was to improve the students' mathematical communication skills by using the three step interview of cooperative learning model, A total of 33 students of class XI were taken as the research sample. Data was collected from 30 October 2019 to 16 November 2019 at MAN Tarakan by using observation sheets of oral mathematical communication skills and written mathematical communication test. Data was analyzed using the TSI model, verbal mathematical communication skills, and written mathematical communication skills. This research was conducted in 2 cycles with 3 meetings in cach cycle. The results of this study indicated that there was an increase in students' verbal mathematical communication skills from 66.67% (good category) in the first cycle to 88,89% (good category) in the second cycle. There was also improvement in students' written communication skills from 74.08% (good category) in the first cycle to 85.19% (good category) in the second cycle. It was concluded that the use of the Three Step Interview of cooperative learning model improved the mathematical communication skills of students of class XI MIA 3 MAN Tarakan. Keywords: Mathematical Communication Skills, Cooperative Learning Model, Three Step Interview