Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Akhwat Madrasah Aliyah Raudhatul Qur’an Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Akhwat Madrasah Aliyah Raudhatul Qur’an Tarakan

Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Akhwat Madrasah Aliyah Raudhatul Qur’an Tarakan

Pengarang : Ashar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kemapuan menghafal al-qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Akhwat Madrasah Aliyah Raudhtaul Qur’an Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini adalah 13 siswa yang diambil dengan menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan tes praktek kemampuan menghafal al-qur’an dengan panduan instrumen yang telah tervalidasi dan dokumen hasil belajar matematika. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 23.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kemampuan menghafal al qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Akhwat Madrasah Aliyah Raudhtaul Qur’an Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = -21,657 + 1,000X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa kemampuan menghafal al-qur’an secara parsial memberikan pengaruh sebesar 70,3% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Raudhtaul Qur’an Tarakan.

Kata Kunci: Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Hasil Belajar Matematika

This study aimed to determine: the effect of the ability to memorize qur’anic verses on the mathematical learning achievemento of eleventh grade female student at Madrasah Aliyah Raudhtaul Qur’an Tarakan. Using a survey method, this quantitative research was conducted in the even semester of the 2019/2020. The sample of this study consisted of 13 students taken using non probability sampling (saturation sampling). Data were collected through a test of memorizing the qur’anic verses and document of mathematical learning achievement. The data obtained was then processed with a statistical data processing program SPSS 23.0 analyzed with the regression equations Ŷ = -21,657 + 1,000X, the results of this study indicated that there was a partially significant effect of ability to memorize the qur’anic verses on the mathematical learning achievement. Based on the results of the calculation of the coefficient on the determination,it was known that the ability to memorize qur’anic verses partially had an effect of 70,3% on the mathematical learning achievement of the eleventh grade female students at Madrasah Aliyah Raudhatul Qur’an Tarakan. Keywords: Ability to Memorize the Qur'an, Mathematical Learning Achievement

Detail Informasi