
Pengembangan Media Booklet TDS (Two Dimensional Shape) Berbasis Realistic Mathematic Education Siswa Kelas VII MTS Alkhairaat Tarakan
Pengarang : Anin Saptantri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di MTs Alkhairaat Tarakan pada kelas VII Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan booklet berbasis realistic mathematic education sebagai media pembelajaran yang layak dan praktis untuk siswa kelas VII MTs Alkhairaat Tarakan. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model Borg and Gall. Model Borg and Gall terdiri dari sepuluh tahapan yang terdiri dari: potensi dan masalah, pengumpuan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Tahap pengujian produk melalui 2 tahapan yaitu penilaian para ahli dan respon pengguna. Pada penilaian para ahli divalidasi oleh ahli materi, ahli tampilan dan ahli bahasa. Pada uji coba kelompok kecil dilakukan pada guru matematika dan 10 siswa. Pada uji coba lapangan dilakukan pada 24 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk booklet berbasis realistic mathematic education yang dikembangkan berdasarkan validasi oleh ahli isi atau materi memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 87,5%, ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 88,6% dan ahli bahasa memperoleh kategori layak dengan persentase 75%. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan oleh respon pengguna siswa diperoleh perentase 95% dengan kategori sangat praktis. Karena telah memenuhi syarat layak dan praktis yang terdiri dari aspek kelayakan isi atau materi, kelayakan media, kelayakan bahasa, dan kepraktisan respon pengguna, maka booklet berbasis realistic mathematic education dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang layak dan praktis untuk siswa kelas VII MTs Alkhairaat Tarakan.
Kata Kunci: Booklet, Borg dan Gall, Realistic Mathematic Education
This research and development study wasconducted among the seventh grade students of MTs Alkhairaat Tarakan in academic year 2019/2020. The purpose of this research was to develop a feasible booklet based on realistic mathematics education to be used as a learning medium for sevent grade students of MTs Alkhairaat Tarakan. The Borg and Gall development model was used in this study that consisted of ten stages, namely potential and problems, data gathering, product design, design validation, design revisions, product trials, product revisions, product application trials, product revisions, and production. There were two stages of product testing, namely the assessment by experts and user response. Assessment by experts included product material, display and language. The trial was conducted with mathematics teacher and 10 students.in the trial there were 24 students involved. The result showed the validation score by content experts was 87.5%, by media experts was 88.6%, and by language experts was 75%. While the results of product field trials as indicated by student responses was 95%. Because the results fulfilled all determined requirements, it was concluded thet the booklet based on realistic mathematics education was feasible and practical for use as learning medium for the seventh grade students of MTs Alkhairaat Tarakan. Keywords: Booklet, Borg and Gall, Realistic Mathematic Education