Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Tarakan

Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Alfi Rahmat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 12 Tarakan pada kelas VIII-1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2019-26 Oktober 2019 di SMP Negeri 12 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Tarakan, yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar dan instrumen tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data keterlaksanaan pembelajaran guru, keaktifan belajar, dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I sebanyak 17 siswa atau sebesar 68% siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 22 siswa atau sebesar 88% siswa berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I memiliki rata-rata sebesar 53 dengan ketuntasan klasikal 52% siswa berada pada kategori rendah. Hasil belajar matematika siswa pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 79 dengan ketuntasan kalsikal 76% siswa berada pada kategori tinggi. Keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 5 siswa atau 20%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 26 atau 24% Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII-1 SMP Negeri 12 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, (RME)

This classroom action research was conducted from October 11 to 26, 2019 at SMP Negeri 12 Tarakan. The aim of the study was to improve activeness and mathematical learning achievement of eighth grade students at SMP Negeri 12 Tarakan through the Realistic Mathematics Education (RME) approach. The subjects of this study were 25 students of class VIII-1. Data were collected using observation sheets of learning activeness and mathematical achievement tests. The collected data were analyzed using techniques used, namely data analysis of teacher learning outcomes, learning activeness, and student mathematics learning outcomes. This research was conducted in 12 cycles and each cycle consisted 3 meetings. The results of this study indicated that there was an improvement in student learning activeness from 68% (sufficient category) in the first cycle to 88% (very high category) in the second cycle. For mathematics learning achievement, an improvement was found from mean score of 53 with classical completeness of 52% in the first cycle to mean score of 79 with classical completeness of 76% in the second cycle. Student learning activeness increased by 5 students or 20% in the second cycle. Classical completeness of student learning achievement increased by an average of 26 or 24% in the second cycle. It was concluded that RME Approach improved the learning activeness and mathematics learning achievement of class VIII-1 students at SMP Negeri 12 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Activity, RME

Detail Informasi