Pengembangan Web E-Learning Menggunakan LMS CLAROLINE Pada Materi Virus Untuk Kelas X SMAN 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Web E-Learning Menggunakan LMS CLAROLINE Pada Materi Virus Untuk Kelas X SMAN 3 Tarakan

Pengembangan Web E-Learning Menggunakan LMS CLAROLINE Pada Materi Virus Untuk Kelas X SMAN 3 Tarakan

Pengarang : Nurul Syafaati Irsyad - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan web e-learning menggunakan Learning Management System (LMS) pada materi virus untuk kelas X SMAN 3 Tarakan dan menghasilkan produk web e-learning yang layak sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Sutopo sampai pada tahap ke lima yaitu Testing, menggunakan empat orang validator ahli yaitu ; satu orang validator ahli media, dua orang validator ahli materi, dan satu orang validator praktisi guru Biologi. Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 3 Tarakan menggunakan kelas X MIA-4 sebanyak 34 siswa. Hasil validasi ahli media sebesar 90% dengan katagori sangat layak, ahli materi sebesar 83% dengan katagori sangatlayak, praktisi guru Biologi sebesar 87% dengan katagori sangat layak, dan hasil angket respon dari siswa uji coba lapangan sebesar 82% dengan katagori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa web e-learning menggunakan LMS Claroline sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Web e-learning

This research was aimed to produce an e-Learning Website Using LMS Claroline on Virus Topic For Tenth Graders at SMAN 3 Tarakan that was suitable for learning media. This research used Sutopo model that was limited to the fifth stage, validated by validators; media expert, material experts, and practitioner that was a biology teacher. Field trial was conducted at SMAN 3Tarakan using 34 tenth graders MIA-4. The results showed that validation from media expert reached 90% with category of very suitable, material experts obtained 83% in category of very suitable, practicy biology teacher obtained 87% with the category of very suitable, and the student questionnaire responses major field trials obtained 82% with category of very good. Based on the results, it can be concluded that the eLearning Website Use LMS Claroline were feasible as a learning media at school. Keywords: Research and Development, e-Learning Website

Detail Informasi