
Improving Students’ Achievement In Reading Comprehension Of Recount Text Through Teams Assisted Individualization (TAI) At Tenth-Grade Students Of SMK Negeri 2 Tarakan.
Pengarang : Mahardika Oktavyani Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam kemampuan membaca teks recount dengan menggunakan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAB 1 SMK Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2023. Ada dua siklus dalam penelitian ini. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pada siklus pertama, hasil tes membaca siswa adalah sebanyak 36% atau 12 siswa yang mencapai KKM dan 64% atau 21 siswa tidak mencapai KKM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 91% atau 30 siswa mencapai KKM dan hanya 9% atau 3 siswa yang tidak mencapai KKM. Selain itu, hasil observasi guru dan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus kedua. Hasil observasi guru di siklus pertama memperoleh skor rata-rata 65.6 dan meningkat menjadi 87 pada siklus kedua. Skor rata-rata hasil observasi aktivitas siswa pada siklus pertama yaitu 56.3 dan meningkat menjadi 82.9 pada siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada teks recount di kelas X TAB 1 SMK Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2022-2023.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pemahaman Membaca, Teams Assisted Individualization (TAI)
The purpose of the research was to improve the students' achievement in reading comprehension of recount text through team assisted individualization (TAI) at tenth grade students of SMK Negeri 2 Tarakan. The type of the research was classroom action research (CAR). The subject of the research was class X TAB SMK Negeri 2 Tarakan in the 2022/2023 academic year which consists of 33 students. This research was conducted from April to May 2023. There were two cycles in this research. Each cycle consisted of three meetings including planning. action, observation and reflection. The instruments used for data collection were written tests and observation sheets. The result shows that the use of team assisted individualization (TAI) improved the students' achievement in reading comprehension of recount text. In the cycle I, the results of the students' reading comprehension were 36% or 12 students who reached the KKM and 64% or 21 students who did not reach the KKM. In the cycle II, there was an increase in the student learning results of 91% or 30 students reached the KKM and only 9% or 3 students did not reach the KKM. In addition, the observations results of the teacher and the student also improved. Teacher's observation results in the cycle I obtained an average score of 65.6 and increased to 87 in the cycle II. The student's observation results in the cycle I obtained an average score of 56.3 and increased to 82.9 in the cycle II. It concluded the use of team assisted individualization (TAI) can improve the students' achievement in reading comprehension of recount text at class X TAB I SMK Negeri 2 Tarakan in the 2022/2023 academic year Keywords: Classroom Action Research, Reading Comprehension, Teams Assisted Individualization (TAI)