
Improving Reading Comprehension Of Narrative Text By Using L-B-A (Literature-Based Approach) At The Ninth-Grade Students Of SMP Negeri 1 Nunukan
Pengarang : Nindya Yunisah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam kemampuan membaca teks narasi dengan menggunkan L-B-A (Literature-Based Approach). Maka metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Nunukan tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 31 siswa. Ada dua siklus dalam penelitian ini. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa L-B-A (Literature-Based Approach) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pada siklus pertama, diperoleh 1 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sekolah dengan persentase (3%) dan 30 siswa yang tidak mencapai KKM dengan presentasi 97% hal ini dikarenakan selama prosess pembelajaran masih mengalami kesulitan memahami teks naratif dengan menggunakan pendekatan L-B-A (Literature-Based Approach). Pada siklus kedua, terdapat 28 siswa (91%) yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tentukan sekolah dan terdapat 3 siswa (9%) yang tidak mencapai KKM hal ini dikarenakan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan masih kesulitan memahami teks naratif sehingga tidak dapat bekerja sama dengan baik dalam tugas kelompok. Selain itu, hasil observasi guru dan siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari penggunaan pendekatan L-B-A (Literature-Based Approach) berhasil dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif karena dari hasil observasi pada siklus pertama, yaitu 84% dari pengamat pertama dan 87,6% dari pengamat kedua. Kemudian pada siklus kedua yaitu 91,4% dari pengamat pertama dan 91,4% dari pengamat kedua dilihat dari para siswa terlihat lebih aktif dan antusias dalam proses belajar mengajar yang lebih baik dibandingkan sebelum penerapan L-B-A (Literature-Based Approach). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengunaan pendekatan L-B-A (Literature-Based Approach) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada teks narasi di kelas IX C SMP Negeri 1 Nunukan tahun ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pemahaman Membaca, L-B-A (Literature-Based Approach)
This research aims to improve students' achievement in the ability to read the narrative text by using L-B-A (Literature-Based Approach). The research method used in this research was class action research. The subjects were students of class IX C SMP Negeri 1 Nunukan in the Academic Year 2022/2023 which consist of 31 students. There were two cycles in this research. Each cycle consists of two meetings which include planning, action, observation, and reflection. The instruments used to collect data were tests and observations. The results showed that L-B-A (Literature-Based could improve students' reading ability. In the first cycle, there was one student who reached the Minimum Completion Criteria (KKM) determined by the school with a percentage of (3%) and 30 students who did not reach the KKM with a presentation of 97% because during the learning process they still had difficulty understanding narrative text using the L-B-A (Literature-Based Approach) approach. In the second cycle, there were 28 students (91%) who had reached the Minimum Completion Criteria (KKM) set by the school and there were 3 students (9%) who did not reach the KKM this was because students did not pay attention to the teacher's explanation properly and still had difficulty understanding narrative text so they could not work well together in group assignments. In addition, the results of teacher and student observations also increased as seen from the use of the L-B-A (Literature-Based Approach) approach succeeded in improving students' reading comprehension of narrative text because from the results of observations in the first cycle, namely 84% from the first observer and 87.6% from the second observer. Then in the second cycle, 91.4% from the first observer and 91.4% from the second observer seen from the students look more active and enthusiastic in the teaching and learning process which is Detter than before the application of L-B-A (Literature-Based Approach). Thus, it an be concluded that the use of the L-B-A (Literature-Based Approach) approach an improve students' reading ability on narrative text in class IX C SMP Negeri 1 Wunukan in the 2022/2023 academic year. Keywords: Classroom Action Research, Reading Comprehension, L-B-A (Literature-Based Approach)