
Survei Gaya Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2022 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Abdurahman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar mahasiswa angkatan 2022 Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Borneo Tarakan. Gaya belajar merupakan suatu tindakan yang dirasakan menarik oleh seseorang dalam melakukan aktifitas belajar, baik ketika sendiri atau dalam kelompok belajar, karena gaya belajar merupakan kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel pada penelitian ini sebanyak 150 mahasiswa dari 150 mahasiswa sebagai populasi mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2022 di Universitas Borneo Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2022 termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase 150 sampel penelitian terdapat 110 mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan skor persentase 73”.
Kata Kunci: Gaya Belajar
The aim of this study was to determine the learning preferences of the Guidance and Counseling Study Program class of 2022 at Universitas Borneo Tarakan. Learning style is an action that is felt attractive by someone in carrying out learning activities, either alone or in a study group, because learning style is a combination of how a person absorbs and then organizes and processes information. Thus study used a type of guantitative research using survey methods. The sample in thus study was 150 students out of 150 students of Guidance and Counseling students' class of 2022 from the population at Universitas of Borneo Tarakan. The results of the study showed that the learning styles of guidance and counseling students from class of 2022 were in the high category. This can be seen from the results of the percentage of 150 research samples, there were 110 students who are in the high category with a percentage score of 73% Keywords: Learning Style