Survei Kemandirian Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2022 Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Survei Kemandirian Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2022 Universitas Borneo Tarakan

Survei Kemandirian Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2022 Universitas Borneo Tarakan

Pengarang : Sarina Asrita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan "Bagaimana Kemandirian Belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2022 Universitas Borneo Tarakan". Kemandirian belajar setiap mahasiswa berbeda-beda tergantung lingkungan sekitarnya, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, pengajuan reabilitas skala dengan menggunakan teknik Cronbach Alpha. Jika nilai Cronbach Alpha < 0,70 maka variabel atau konstruk dikatakan tidak reabel. dalam perhitungannya menggunakan program aplikasi statistical product and service solution (SSPS) versi, 20.0 for windows. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa bimbingan dan konseling Angkatan 2022 termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentase 149 sampel penelitian, terdapat 133 responden berada pada kategori kecenderungan rendah dengan skor persentase 89%.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar

The purpose of this study was to find out and describe "How the Independent Learning of Guidance and Counseling Students Class of 2022 Universitas Borneo Tarakan". The independent learning for each student varies depending on the surrounding environment, this research used a type of quantitative research using survey methods. Data analysis used was descriptive analysis techniques, scale reliability testing using the Cronbach Alpha technique. If the cronbach Alpha value is < 0.70 then the variable or constuct is said to be unreliable. The Calculation used the Statitical Product And Service Solution (SPSS) application program version, 20.0 for windows. The results of the research as a whole showed that the independent learning of Guidance and Counseling students class of 2022 was included in the low category. This could be seen from the results of the percentage of 149 research samples, there were 133 respondents who were in the low tendency category with a percentage score of 89%. Keywords: Independent Learning

Detail Informasi