
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Tentang Operasi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Matematika Realistik Di Kelas V SDN 004 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Yulis Suwandi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 004 Sesayap pada pembelajaran matematika tentang operasi hitung penjumlahan pecahan menggunakan matematika realistik. Untuk memudahkan pemahaman siswa maka pembelajaran PMR dipilih karena model pembelajaran ini mengaktifkan siswa dalam pembelajaran melalui individu maupun belajar kelompok. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh fakta adalah hasil tes menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 51,4% yang tuntas, sedangkan SKM yang ditentukan adalah 60 untuk hasil belajar dan 85% untuk ketuntasan kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, penyusunan RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika realistik, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika di kelas V SDN 004 dengan kompetensi dasar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan keberhasilan terbukti dari hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 52.2% yang tuntas meningkat pada siklus II menjadi 85.6%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar dalam pembelajaran matematika dapat menerapkan pembelajaran matematika realistik. Dan agar mudah mengkondisikan siswa, guru diharapkan memberikan penguatan yang baik untuk memacu keaktifan siswa, juga dapat memberikan penghargaan berupa hadiah.
Kata Kerja: Realistik Matematik, Hasil Belajar Siswa
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve The Students' Mathematics Achievement on Operation Addition Denomination through Realistic Mathematics at Fifth Grade Students in SDN 004 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. This research was done into some steps; Planning, Implementing, Observing, Reflecting. The research instruments in this action research were test and observation sheet. Based on the result of study in first cycle the number of percentage was 52.2% and the second cycle was 85.6%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that Realistic Mathematics can improve the Students' Mathematics Achievement on Operation Addition Denomination through Realistic Mathematics at Fifth Grade Students in SDN 004 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Keywords: Realistic Mathematics, Students' Achievement